Home » Berita Rb » Survei Pasar Target Intervensi Program Pasar Aman Berbasis Komunitas Di Kota Tomohon

Survei Pasar Target Intervensi Program Pasar Aman Berbasis Komunitas di Kota Tomohon

Pasar Aman Berbasis Komunitas merupakan salah satu dari 3 program prioritas nasional terkait keamanan pangan yang dilaksanakan oleh Balai Besar POM di Manado pada tahun 2023. Untuk mengetahui potensi pasar serta kondisi sebelum intervensi/pre intervensi terlebih dahulu dilakukan survei pasar.

Survei pasar dilakukan pada hari jumat,20 Januari 2022 di Pasar Beriman Kota Tomohon dengan pendampingan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan PD Pasar Kota Tomohon.

Dalam survei pasar selain mendata potensi pasar terkait ada tidaknya peredaran bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan juga dilakukan pengambilan sampel pangan untuk dilakukan pengujian 4 macam bahan berbahaya tsb yaitu boraks,formalin,rhodamin b dan methanyl yellow. Sampel yang diambil sebanyak 22 dengan jenis antara lain mie basah, kue basah, ikan segar, bakso,kerupuk berwarna warni,ikan cakalang fufu, tahu dan daging segar. Seluruh sampel berdasarkan hasil uji tidak mengandung bahan berbahaya.

Kedepannya akan dilakukan intervensi terhadap petugas pasar dan komunitas pasar dalam lingkup .....

#bbpommanado
#surveypasar
#PasarPanganAmanBerbasisKomunitas


01/27/2023 - 20:52
Erat Dalam Kebersamaan, Bersatu Tangguh Dalam Berkarya

Dalam rangka memeriahkan HUT Badan POM yang ke 22, Balai nPOM di Kendari menggelar berbagai  lomba dan Game interenal ke selurug ASN Balai POM di Kendari. 

01/27/2023 - 15:48
Loka POM di Kabupaten Banyumas Gandeng RRI Purwokerto dalam Peningkatan Efektivitas KIE dengan Perjanjian Kerjasama (PKS)

Banyumas - Dalam rangka meningkatkan kegiatan Komunikasi, Edukasi (KIE) dan Informasi yang semakin efektif dan sebagai bentuk komitmen Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas dalam melaksanakan kegiatan KIE sehingga diagendakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Lembaga Penyiaran Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto, Banyumas (25/01/23). Bertempat di Ruang Pertemuan RRI, acara tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Loka POM di Kabupaten Banyumas, Winanto selaku pihak pertama dan Budi Nugroho P.  selaku pihak kedua.

01/27/2023 - 12:00
MERAYAKAN HUT 22 BADAN POM BERSAMA B-CARE BBPOM DI MATARAM

Di tengah semarak rangkaian perayaan HUT 22 Badan POM RI, BBPOM di Mataram tidak lupa untuk tetap berbagi, memupuk rasa peduli terhadap sesama melalui program inovasi B-Care Berbagi Paket Sembako.