Home » Berita Rb » Standarisasi Produk Umkm Guna Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

STANDARISASI PRODUK UMKM GUNA TINGKATKAN DAYA SAING PRODUK LOKAL

Produk UMKM terus bertambah, kualitas produk yang aman, bermutu dan bergizi harus bisa dimiliki oleh UMKM melalui penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Berdasarkan PerBPOM No.27 Tahun 2017 tentang Pangan Olahan, Setiap Pangan Olahan yang di produksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki Izin Edar, kecuali Pangan Olahan yang mempunyai masa simpan kurang dari 7 (tujuh) hari.

Standardisasi yang harus dipenuhi oleh UMKM perlu dijelaskan secara jelas dan rinci, untuk itu Selasa (28/09) BBPOM di Banda Aceh diundang untuk menjadi Narasumber pada kegiatan Pelatihan Standarisasi Produk UMKM Guna Peningkatan Daya Saing Produk Lokal yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja.

Beberapa materi terkait standarisasi pangan dijelaskan oleh narasumber dari berbagai instansi terkait. Pemenuhan Standar Produk Pangan adalah materi yang dibawakan oleh Koordinator Substansi Infokom, Nurlinda Lubis. 

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi para UMKM untuk mendaftarkan produknya dalam rangka registrasi sebelum produknya diedarkan sehingga produk UMKM dapat berdaya saing dan terjamin keamanan, mutu dan gizinya

Jika masyarakat memerlukan informasi tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi petugas Pelayanan Publik di nomor 08116853301 dan juga dapat mengikuti media sosial BBPOM di Banda Aceh melalui Instagram (@bpomaceh),  Twitter (@BPOMAceh), Facebook (BPOM Aceh) dan Youtube (BPOM Aceh).

 

Balai Besar POM di Banda Aceh


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun