Home » Berita Rb » Sosialisasi Keamanan Obat Dan Makanan Bersama Anggota Komisi Ix Dpr Ri

Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan bersama Anggota Komisi IX DPR RI

Bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia tanggal 16 Oktober 2021, BBPOM di Semarang bersama dengan Anggota Komisi IX DPR RI, DR.Hj. Dewi Aryani, M.Si melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi tentang Keamanan Obat dan Makanan pada tanggal 16 – 17 Oktober 2021 di 5 Desa Kecamatan Kedungbanteng dan 5 Desa Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal
.
Kegiatan KIE dilaksanakan secara terpisah dari masing – masing desa dengan menggunakan aplikasi meeting online untuk menjaga diterapkannya protokol kesehatan. Dalam kesempatan tersebut  DR.Hj. Dewi Aryani, M. Si menyampaikan bahwa materi yang akan disampaikan oleh BBPOM di Semarang akan sangat bermanfaat karena dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan memilih makanan yang aman  dan sehat dapat memelihara kesehatan tubuh khususnya di masa pandemi. Selain itu, Dewi Aryani juga mendorong Kepala Desa untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan di warung atau penjual di desa masing – masing apakah menjual makanan yang menggunakan bahan berbahaya.
.
“Kepala Desa juga harus mempunyai peran serta aktif dalam membangun Sumber Daya Manusia yang sehat karena SDM merupakan asset utama bangsa yang akan membangun Indonesia salah satu caranya dengan memilih makanan yang sehat,” jelas Dewi menutup sambutannya.
.
Kepala BBPOM di Semarang, Dra. Sandra M.P Linthin, M.Kes., Apt menjelaskan kepada para peserta yang hadir tentang pentingnya memilih Obat dan Makanan yang aman.
.
“Rhodamin B dan Methanil Yellow adalah zat pewarna sintetis yang digunakan sebagai pewarna tekstil. Bahan Berbahaya ini yang paling sering digunakan pada jajanan ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti gagal ginjal, kerusakan hati, kanker dll,” jelas Sandra.
.
Edukasi keamanan Obat dan Makanan ini gencar dilakukan kepada masyarakat untuk mendorong masyarakat menjadi konsumen cerdas yang selalu melakukan Cek KLIK (Kemasan, Label,Izin Edar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk Obat dan Makanan.
.
#bpom_ri #bbpomsemarang #bpomsemarang #KIE #edukasi #tegal #kabupatentegal #jawatengah #jateng #panganaman #obataman


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun