Home » Berita Rb » Sosialisasi Dan Desk Registrasi Pangan Olahan Oleh Direktorat Rpo Dan Loka Pom Banyumas

Sosialisasi dan Desk Registrasi Pangan Olahan oleh Direktorat RPO dan Loka POM Banyumas

Dalam rangka pendampingan dan percepatan perizinan produk pangan olahan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, Loka POM di Kabupaten Banyumas berkolaborasi dengan Direktorat Registrasi pangan Olahan Badan POM mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Desk Registrasi Dalam Rangka Jemput Bola Registrasi pangan Olahan yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 25-26 Oktober 2021 menggunakan aplikasi Zoom dan secara Daring. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta Daring yang terdiri dari pelaku usaha dan masyarakat umum pada kegiatan Sosialisasi Registrasi Pangan Olahan dan 28 pelaku usaha pangan olahan yang sedang berproses untuk melakukan pendaftaran registrasi pangan olahan Badan POM dari 4 (empat) wilayah kerja Loka POM Kabupaten Banyumas yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banyumas.

Narasumber pada kegiatan kali ini adalah dari Direktorat Registrasi Pangan Olahan (RPO) Badan POM dengan memaparkan materi Registrasi Pangan Olahan dan Label Pangan Olahan, Loka POM di Kabupaten Banyumas memaparkan Tatacara danProses Pengajuan Audit Sarana Produski Pangan Olahan, dan Dnas Penanaman Modl dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas dengan paparan Persyaratan dan tatacara pengajuan izin usaha di bidang pangan olahan untuk UMKM. Selain pemaparan materi, dilakukan uji coba registrasi akun perusahaan dan registrasi produk melalui e-registration yang dipandu oleh petugas Direktorat RPO Badan POM.

Diharapkan dengan adanya kegiatan yg diadakan ini dapat lebih mempersingkat waktu dalam proses registrasi izin edar pangan olahan, sehingga para pelaku usaha pangan olahan di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya menjadi lebih termotivasi untuk mendaftarkan produknya supaya produknya legal dan keamanannya lebih terjamin. Manfaat lain dari kegiatan ini bagi pelaku usaha adalah dapat memperluas pangsa pasar baik skala nasional maupun ekspor karena sudah memiliki legalitas berupa izin edar yang diterbitkan oleh Badan POM selaku lembaga yang berwenang dalam pengawasan Obat dan makanan di wilayah Republik Indonesia.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Loka POM di Kabupaten Banyumas

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kab. Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah

Layanan Masyarakat Semi-Elektronik Loka POM Banyumas

Kunjungi Link berikut: linktr.ee/lokapombms


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun