Home » Berita Rb » Rapat Tinjauan Manajemen Puncak Bpom Tahun 2022

Rapat Tinjauan Manajemen Puncak BPOM Tahun 2022

Jakarta - Pada hari kedua Rapat Evaluasi Nasional (REN) BPOM Tahun 2022, Rabu (09/11/2022), BPOM mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Sistem Manajemen Mutu/Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015. Rapat dipimpin oleh Deputi Manajemen Puncak, antara lain Sekretaris Utama BPOM; Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika BPOM; dan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM.


Berdasarkan Keputusan Kepala BPOM Nomor 28 Tahun 2022 tentang Penerapan Sistem Manajemen Mutu BPOM, seluruh Unit Kerja di Lingkungan BPOM wajib menerapkan QMS. Penerapan QMS yang konsisten merupakan upaya BPOM untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat secara berkelanjutan.


Sekretaris Utama, Rita Mahyona menekankan pada forum ini bahwa Kepala Unit Kerja Pusat dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) memegang tanggung jawab sebagai Ketua Tim Penjaminan Mutu pada unit kerja masing-masing. “Bapak dan Ibu harus terus meningkatkan aspek kepemimpinan terhadap penerapan QMS dan Manajemen Risiko Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),” tegasnya.


Hingga saat ini, seluruh unit kerja dan UPT BPOM telah berhasil memperoleh sertifikat QMS ISO 9001:2015. Termasuk pada tahun ini, terdapat 2 Unit Kerja Pusat di BPOM yang baru mendapatkan Sertifikat QMS ISO 9001:2015, yakni Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik dan Direktorat Siber Obat dan Makanan. 


Apresiasi disampaikan oleh para Deputi Manajemen Puncak kepada peserta rapat. Sekretaris Utama BPOM berpesan agar QMS di lingkungan BPOM terus dipelihara dan ditingkatkan sehingga dapat berdampak positif bagi BPOM untuk mewujudkan sistem pengawasan Obat dan Makanan yang efektif. 


Selain RTM yang dilakukan pada hari kedua REN ini, agenda terus berlanjut pada evaluasi paruh waktu kinerja berdasarkan Rencana Strategis 2020-2024 BPOM. Selain itu, juga diadakan dialog berupa sharing inovasi dari Balai Besar POM di Surabaya, Balai Besar POM di Yogyakarta, dan Direktorat Registrasi Pangan Olahan. (HM-Hendriq)


Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat


11/08/2022 - 14:43
Layanan CEKATAN Pantau Keamanan Pangan di Pasar Ngaliyan Semarang

Layanan Pengecekan Laboratorium untuk Masyarakat dan Sekolahan (Layanan Cekatan) merupakan Inovasi pelayanan publik Balai Besar POM di Semarang untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayananan kepada masyarakat untuk menjamin makanan yang beredar bebas dari bahan berbahaya sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Layanan Cekatan merupakan Layanan Laboratorium keliling yang menguji dan memastikan makanan yang beredar di Pasar dan Kantin Sekolah tidak mengandung bahan berbahaya Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

 

11/07/2022 - 14:04
Deseminasi Studi Tiru ke Balai Besar POM di Denpasar

Dalam upaya sharing ilmu kepada semua Pegawai, Kantor Loka POM di Kabupaten Mimika menjadwalkan Deseminasi dan Sosialisasi dari Pegawai yang telah mengikuti kegiatan Pendidikan, Pelatihan, Sosialisasi, Studi Tiru/Magang untuk menyampaikan hasil yang telah didapat dari kegiatan yang diikuti sehingga semua Pegawai di Lingkngan Kerja Loka POM di Kabupaten Mimika mendapatkan pembaharuan informasi.

11/07/2022 - 07:59
Studi Tiru Pegawai Loka POM di Kabupaten Mimika ke Balai Besar POM di Denpasar

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI), secara berkesinambungan mengupayakan Peningkatan Kompetensi Pegawai melalui Pelatihan secara langsung dengan pertemuan tetap muka, Pelatihan Terjadwal (melalui pertemuan daring/zoom meeting), Pelatihan Tak Terjadwal yang ada pada  https://ppsdm.pom.go.id/ideas/main/index