Home » Berita Rb » Perkuat Good Governance Bpom Perbarui Mou Dengan Bpkp 0

Perkuat Good Governance, BPOM Perbarui MoU dengan BPKP

Jakarta – Rabu (09/05) Kepala BPOM Penny K. Lukito dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana memperbarui Nota Kesepahaman antara BPOM dan BPKP yang sebelumnya telah ditandatangani pada tahun 2016 lalu.

 

“Pembaruan Nota Kesepahaman ini perlu dilakukan, selain akan habis masa berlakunya pada tahun 2019, juga mengingat adanya dinamika lingkungan strategis pengawasan obat dan makanan serta perubahan struktur dan organisasi tata kerja BPOM”, ungkap Kepala BPOM saat memberikan sambutan sebelum acara penandatanganan dilakukan. “Adanya Nota Kesepahaman ini diharapkan akan memperkuat tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan BPOM dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja, pelayanan publik, dan pencegahan korupsi”, lanjut Penny K. Lukito.

 

Ruang lingkup Nota Kesepahaman yang diperbarui ini lebih komprehensif dengan pelaksanaan pengendalian kecurangan dan pencegahan korupsi serta peningkatan kompetensi pengawasan intern di bidang investigasi.

 

Pada kesempatan ini, BPOM juga mendapatkan Piagam Penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Piagam langsung diserahkan Kepala BPKP. Ardan Adiperdana menyampaikan bahwa BPOM memperoleh level 3 (terdefinisi) pada maturitas SPIP dan level 3 (integrated) untuk kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). “Selamat kami ucapkan kepada BPOM, semoga penghargaan ini akan memacu seluruh jajaran BPOM untuk semakin baik lagi”, ujar Ardan Adiperdana. “Penerapan SPIP dan kapabilitas APIP merupakan bagian dari pengawasan internal sebagai pelaksanaan Reformasi Birokrasi”, lanjutnya.

 

Saat ini BPOM sedang melakukan tinjau ulang business process yang berkesinambungan. BPOM mengintegrasikan penyelenggaraan manajemen risiko dengan Sistem Manajemen Mutu sesuai ISO 9001:2015. “Semoga Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada hari ini dapat diimplementasikan secara konkrit sehingga semakin memperkuat pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan BPOM”, tutup Penny K. Lukito (HM-Armacata)

 

 Biro Humas dan DSP


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun