Home » Berita Rb » Peningkatan Kompetensi Personil Laboratorium Melalui Bimtek Internal Pengujian Obat Pangan

Peningkatan Kompetensi Personil Laboratorium melalui Bimtek Internal Pengujian Obat, Pangan dan Mikrobiologi Balai Besar POM di Pekanbaru

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta semakin berkembangnya metode analisa yang baru dalam pengujian Obat dan Makanan, maka perlu dilakukan peningkatan kompetensi personel penguji. Sebagai bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan kompetensi personel laboratorium, Balai Besar POM di Pekanbaru  menyelenggarakan Bimtek atau Pelatihan Internal Obat, Pangan dan Mikrobiologi pada tanggal 25-29 Oktober 2021. Kegiatan ini merupakan implementasi ISO/IEC 17025:2017 yang menyatakan bahwa laboratorium harus memiliki personel yang kompeten dan bekerja menurut sistem manajemen, guna mengatur dan mendukung kegiatan-kegiatan di laboratorium.

Bimtek Internal pengujian ini dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru Bapak Yosef Dwi Irwan. Dalam arahan Beliau menyampaikan bahwa laboratorium Badan POM sebagai back bone/ tulang punggung pengawasan memiliki peran yang sangat penting dan strategis, tentunya hal ini harus didukung dengan SDM, peralatan, infrastukstur, dan sistem mutu yang baik dan mumpuni. Seluruh peserta agar dapat secara optimal memanfaatkan pelatihan ini dengan memperbanyak diskusi dan melakukan praktikum sebaik-baiknya agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam pengujian rutin di laboratorium. Bimtek ini berlangsung dari 25 s/d 29 Oktober 2021 yang diikuti oleh 36 orang peserta dari Balai Besar POM di Pekanbaru.

Hadir sebagai Narasumber sekaligus Instruktur dari Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN), yaitu : Ibu Bertha Lolo Lukita, Ibu Lia Rahmawati dan Bapak Ageng Teguh Wardoyo. Materi bimtek terdiri dari pemberian teori dan praktek, yaitu :

 

-Laboratorium Obat

Identifikasi dan Penetapan Kadar Lopinavir-Ritonavir dalam Sediaan Tablet secara KCKT

Penetapan Kadar Dimenhidrinat dalam Tablet.

 

-Laboratorium Pangan

Penetapan dan Verifikasi Simultan Kadar PG, BHA, BHT, TBHQ dalam Minyak Goreng.

 

-Laboratorium Mikrobiologi

Uji angka E. coli

Uji angka Enterobacteriaceae

Uji angka Clostridia pada Sampel Obat Tradisional.

 

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan antusias, hal ini nampak dari aktifnya diskusi dengan para Narasumber. Semoga dengan dilaksanakan bimtek ini dapat semakin menguatkan kompetensi para penguji BBPOM di Pekanbaru dalam upaya mengawal mutu, kemanan dan khasiat dari Obat dan Makanan yang beredar di Provinsi Riau.


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun