Home » Berita Rb » Penguatan Kerjasama Lintas Sektor Dalam Pengawasan Obat Dan Makanan Di Kabupaten Sanggau

Penguatan Kerjasama Lintas Sektor dalam Pengawasan Obat dan Makanan Di Kabupaten Sanggau

Sanggau (07/10) Loka POM di Kabupaten Sanggau bersama dengan Balai Besar POM di Pontianak terus membangun koordinasi dengan lintas sektor terkait untuk meningkatkan pengawasan obat dan makanan. Koordinasi dilakukan secara langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Pontianak, Fauzi Ferdiansyah, S.Si, Apt bersama dengan Plt. Kepala Loka POM di Kabupaten Sanggau, Syafrida Butsiani, SH dan didampingi oleh Koordinator Kelompok Substansi Penindakan Balai Besar POM di Pontianak, Dra. Ketut Ayu Sarwetini, Apt. di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

Dalam pengawasan di wilayah perbatasan, Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong, Viktorius Dunand, S.E., M.Si menginformasikan 5 titik pembangunan PLBN yang ada di wilayah Kalimantan Barat, dengan 3 titik  yang telah selesai pembangunannya yaitu PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, PLBN Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu dan PLBN Aruk di Kabupaten Sambas. Untuk pembangunan PLBN yang sedang berjalan yaitu PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang dan pembangunan PLBN selanjutnya di Kabupaten Sintang. Saat ini PLBN Entikong hanya menerima pelintas yang masuk dari Malaysia baik yang dipulangkan karena mengidap penyakit maupun karena tidak memiliki ijin tinggal dan bekerja di Malaysia. Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan kendala pemeriksaan barang bawaan pelintas oleh petugas pengawasan di PLBN Entikong dan wilayah yang cukup rawan menjadi pintu masuk produk pangan dan sediaan farmasi tanpa izin edar karena berbatasan langsung dengan Malaysia.

Koordinasi selanjutnya bersama Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, S.Si. Apt, MKM yang mengapresiasi kerjasama antara Dinas Kesehatan dan Loka POM di Kabupaten Sanggau serta Balai Besar POM Pontianak yang telah membantu melakukan pengawasan Obat di Kabupaten Sanggau. Melalui koordinasi ini diharapkan dapat memperkuat pengawasan obat dan makanan khususnya di Kabupaten Sanggau.

Jika masyarakat memerlukan informasi tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi petugas Pelayanan Publik di nomor 0853 8783 0799 dan juga dapat mengikuti media sosial Loka POM di Kabupaten Sanggau melalui Instagram (@lokapomsanggau),  Twitter (@lokapomsanggau), Facebook (Loka POM Sanggau) dan Youtube (Loka POM Sanggau).


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun