Home » Berita Rb » Penguatan Kerjasama Lintas Sektor Dalam Pengawasan Obat Dan Makanan

PENGUATAN KERJASAMA LINTAS SEKTOR DALAM PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

Senin (04/10) bertempat di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Aceh, Kepala Balai Besar POM di Banda Aceh  Abdul Rahim didampingi oleh Koordinator Substansi  Pemeriksaan dan Penindakan menghadiri Rapat Pembentukan TIM Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Aceh. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dinas Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Satpol PP dan WH, MPU Aceh dan Yapka (Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh).

Pertemuan ini membahas permasalahan terkait obat dan makanan di Provinsi Aceh yang akan ditindaklanjuti oleh Tim Terpadu. Tiap Instansi memberikan paparan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga setiap instansi memahami bahwa pengawasan pangan tidak hanya menjadi tanggung jawab Badan POM, namun juga Pemerintah Daerah. Laporan terkait pengawasan distribusi pangan, produksi pangan MD, Produksi pangan IRTP, dan Bahan Berbahaya ini nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Aceh.

Hal ini merupakan implementasi Inpres No. 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, juga Permendagri No. 41 Tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan Dan Pengawasan Obat Dan Makanan di Daerah. Tuntutan penguatan koordinasi kelembagaan dalam pengawasan obat dan makanan di daerah harus lebih ditingkatkan  sehingga masyarakat Aceh khususnya aman dari produk Obat dan Makanan yang beresiko bagi kesehatan.

Jika masyarakat memerlukan informasi tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi petugas Pelayanan Publik di nomor 08116853301 dan juga dapat mengikuti media sosial BBPOM di Banda Aceh melalui Instagram (@bpomaceh),  Twitter (@BPOMAceh), Facebook (BPOM Aceh) dan Youtube (BPOM Aceh).

 

Balai Besar POM di Banda Aceh


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun