Home » Berita Rb » Pengawasan Obat Dan Makanan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Wilayah Jakarta Barat

Pengawasan Obat dan Makanan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Wilayah Jakarta Barat

Sabtu, 30 Oktober 2021, Badan POM menyelenggarakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi terkait obat dan makanan bersamaan dengan kegiatan vaksinasi Covid 19 di Kelurahan Kota Bambu Utara Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat Diawali oleh Ibu Lurah Kota Bambu Utara, Ina Hariani yang menyampaikan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dan Sosial Distancing untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Selain itu Masyarakat juga dihimbau untuk melakukan vaksin secara lengkap guna mendukung program pemerintah “Indonesia Bebas COVID-19”.

 

Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Syamsidar Thamrin, menyampaikan penggunaan BPOM Mobile untuk memastikan Obat dan Makanan yang digunakan terjamin aman. Masyarakat juga diingatkan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksin COVID-19 secara lengkap. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan vaksinasi COVID-19, BPOM selalu melakukan pengawalan dan evaluasi secara berkala mulai dari produk didaftarkan hingga produk beredar guna memastikan mutu, khasiat dan keamanan vaksin yang beredar di Indonesia.

 

Balai Besar POM di Jakarta juga turut andil dalam kegiatan ini. Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Yudi Noviandi mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19 untuk mendukung program tercapainya herd immunity di Indonesia, menurut hasil survey saat ini pasien yang meninggal karena COVID-19 sebagian besar adalah yang belum melakukan vaksin. Dijelaskan pula terkait isu yang sedang beredar saat ini frozen food . Para pelaku UMKM tidak perlu khawatir akan proses registrasi frozen food, BPOM melayani dan membantu pelaku usaha UMKM dengan sepenuh hati serta mendampingi dalam proses pengurusan perizinan produk frozen food. Informasi terkait hal tersebut dapat diperoleh di Mal Layanan Publik Provinsi DKI Jakarta yang beralamat di Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan

 

Penyuluhan dilanjutkan dengan pemberian informasi dari Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi, Yayan Cahyani yang menyampaikan cemaran yang sering terdapat pada bahan makanan, dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terdapat tiga cemaran pada makanan, cemaran biologis, cemaran fisik dan cemaran kimia.  Sebagai penutup dihimbau juga agar maysarakat selalu mengingat CEK KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan kedaluarsa), sehingga menjadi konsumen yang cerdas.

 

Kegiatan Pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan produk Obat dan Makanan dan menjadi konsumen yang cerdas yang pada akhirnya  menjadi mitra BPOM dalam pengawasan Obat dan Makanan

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun