Home » Berita Rb » Pendampingan Dan Fasilitasi Gedung Pengolahan Garam Samora

PENDAMPINGAN DAN FASILITASI GEDUNG PENGOLAHAN GARAM SAMORA

Mataram – Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu daerah penghasil garam di Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki sentra produksi yang terletak di Desa Labuhan Bontong Kec Tarano, Desa Labuhan Bajo Kec Utan dan Desa Labuhan Kuris Kec Lape. Pemerintah Kabupaten  Sumbawa sedang membangun fasilitas pengolahan garam di bawah BLUD Samora yang terletak di Desa Labuhan Bajo Kec Tarano.

Upaya percepatan pemenuhan persyaratan dimulai dari sertifikasi SNI hingga registrasi Izin Edar Produk yang dilakukan secara sinergis antara Pemkab Sumbawa dengan BBPOM di Mataram. Pendampingan dalam rangka pemenuhan persyaratan fasilitas produksi  dilaksanakan oleh Kepala Balai Besar POM di Mataram, Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt. bersama tim sertifikasi, pada hari Selasa - Rabu, 28 - 29 September 2021.

"Upaya percepatan untuk mendukung industrialisasi garam di NTB perlu dilakukan secara keroyokan oleh lintas OPD karena banyak yang terlibat mulai dari hulu sampai dengan hilir" ungkap Aryapatni dalam Sosialisasi dan pelatihan terpadu BBPOM Di Mataram, Dinas Perindagkop UKM Pemkab Sumbawa beserta  Konsultan dengan materi Sertifikasi SNI, Izin Edar dan Bimtek Pengoperasian Mesin Pabrik Pengolah Garam yang dilaksanakan di Kantor Camat Tarano. Melalui pelatihan ini diharapkan para UMKM penghasil garam meningkat kompetensinya sehingga mampu menghasilkan garam yang berkualitas tinggi sehingga  dapat bersaing dengan garam yang berasal dari luar Provinsi NTB. "Kualitas produk akhir, baik yang ditujukan untuk garam konsumsi, garam industri maupun garam farmasi akan ditentukan mulai dari kualitas bahan baku dan proses pengolahannya", imbuhnya.

Pada kesempatan ini Kepala Balai Besar POM di Mataram juga melakukan pendampingan ke pabrik pengolah garam Samora di Labuhan Bontong dan Koperasi MJ di Labuhan Bajo. Pendampingan ini dilakukan bersamaan dengan persiapan sertifikasi SNI untuk kedua sarana tersebut untuk akselerasi pemenuhan standar dan legalitas produk. Dalam pendampingan ini, Aryapatni memberikan masukan agar pelaksanaan audit sertifikasi oleh BBPOM di Mataram dapat dilaksanakan bersamaan dengan audit SNI dari LSPro sehingga lebih efektif dan efisien. Selain itu, bersama tim terpadu melakukan diskusi untuk melihat seluruh tahapan proses mulai dari budidaya oleh petani garam, panen dan pasca panen hingga tahapan produksi di pabrik untuk menghasilkan garam beryodium dilihat langsung untuk memastikan kesesuaian dengan persyaratan.

Fasilitasi pendampingan yang dilakukan BBPOM di Mataram untuk mendukung visi Gubernur NTB yaitu industrialisasi NTB menuju NTB Gemilang. Industrialisasi Garam adalah salah satu contoh program Pemerintah Provinsi NTB sehingga NTB tidak hanya dikenal sebagai penghasil bahan baku garam namun juga mampu menghasilkan produk akhir garam berkualitas tinggi baik sebagai garam konsumsi, garam industri maupun garam kosmetik.

 

BBPOM Mataram,

Profesional, Inovatif, Responsif, Berintegritas

WBK WBBM

Pasti Bisa Yes Yes Yes

 

#BBPOMdiMataram

#WilayahBebasKorupsi

#ReformasiBirokrasi

#BadanPOMRI

#SeputarBPOM

#HaloBPOM1500533


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun