Home » Berita Rb » Pembinaan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Gula Coklat Sukrosa Di Kabupaten Cilacap

Pembinaan Keamanan Pangan bagi Pelaku Usaha Gula Coklat Sukrosa di Kabupaten Cilacap

Cilacap, September 2021 - Gula Coklat Sukrosa adalah gula yang dihasilkan dari pengolahan gula sukrosa dengan atau tanpa penambahan nira pohon palma atau gula merah palma atau tetes tebu (molases) atau campurannya, berbentuk padat serbuk atau kristal dan berwarna coklat. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan, Gula Coklat Sukrosa masuk ke dalam Kategori Pangan 11.2 Gula Merah. Sejak tahun 2018 hingga 2020, Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Kabupaten Cilacap telah melakukan monitoring terhadap industri gula olahan atau gula coklat sukrosa dan  menemukan banyak penyimpangan yang dilaksanakan pelaku usaha dalam proses produksinya.

Menurut Data Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispabun) Kabupaten Cilacap, pelaku usaha Gula Coklat Sukrosa di Kabupaten Cilacap mencapai lebih dari 200 pelaku usaha. Tetapi, dari jumlah tersebut hanya sebagian kecil saja yang telah memiliki izin usaha. Dalam rangka pembinaan dan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku usaha Gula Coklat Sukrosa di Kabupaten Cilacap, Loka POM di Kabupaten Banyumas hadir sebagai narasumber dalam acara Pembinaan Keamanan Pangan pada Home Industri yang diselenggarakan oleh Dispabun di kabupaten Cilacap. Agenda tersebut mengundang 120 pelaku usaha Gula Coklat Sukrosa/Gula Olahan dan dilaksanakan selama 4 (empat) hari; tanggal 7, 8, 14, dan 15 September 2021.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Kawunganten, Kecamatan Gandrungmangu, Kecamatan Bantarsari, dan Kecamatan Patimuan, peserta penyuluhan mendapat 2 (dua) materi yakni Higiene Sanitasi dan Ketentuan Izin Edar pada Gula Coklat Sukrosa/Gula Olahan oleh Loka POM di Kabupaten Banyumas dan Pelanggaran Perda pada Industri Gula Coklat Sukrosa dan Tindakan Hukumnya oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap. Selain dilakukan penyampaian materi penyuluhan, dibentuk paguyuban pelaku usaha gula coklat sukrosa/gula olahan pada masing-masing kabupaten. Di akhir agenda, tim Dispabun, Loka POM di Kabupaten Banyumas dan Satpol PP Kabupaten Cilacap melakukan peninjauan pada beberapa lokasi produksi gula cuklat sukrosa.

Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, pelaku usaha gula cuklat sukrosa di wilayah Kabupaten Cilacap diharapkan lebih memahami pentingnya keamanan pangan dan terus berproses agar dapat memperoleh izin usaha dan izin edar produknya. TJKPD Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk terus melakukan monitoring dan pembinaan terhadap pelaku usaha, sebagai bentuk pengembangan kualitas produk pangan dan melindungi hak konsumen untuk mengonsumsi pangan yang aman dan bebas dari bahan berbahaya.

 

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Loka POM Banyumas

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kab. Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah

 

Layanan Masyarakat Semi-Elektronik Loka POM Banyumas

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

Tik-tok       : @lokapombanyumas


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun