Home » Berita Rb » Meningkatkan Jaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium Balai Besar Pom Di Jakarta

Meningkatkan Jaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium Balai Besar POM di Jakarta

Dalam rangka meningkatkan pemenuhan terhadap standar kompetensi personil dan ruang lingkup yang ditetapkan oleh ISO 17025, pada tanggal 21 dan 22 Mei 2018 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis Pengujian Sistem Mutu terkait Jaminan Mutu Hasil Pengujian dengan narasumber Dr. Julia Kantasubrata. Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Bapak Sukriadi Darma, S.Si, Apt. Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar POM di Jakarta mengharapkan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan kompetensi personel penguji guna meningkatkan jaminan mutu hasil pengujian terhadap produk obat dan makanan yang beredar di pasaran.

Pelatihan diikuti oleh seluruh penguji di Bidang Pengujian BBPOM di Jakarta dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Materi yang disampaikan mencakup pembahasan jaminan mutu hasil pengujian, ketertelusuran, bahan acuan, penyiapan bahan acuan sekunder, uji profisiensi, uji banding laboratorium, replika pengujian menggunakan metode sama dan berbeda, control sampel, control chart, evaluasi dan tindak lanjutnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Laboratorium Pengujian Balai Besar POM di Jakarta. Saat penutupan, Ibu Dra. Nurul Hidayah, Apt, M.Si mewakili Kepala Balai Besar POM di Jakarta menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif semua peserta dan menyatakan bahwa Balai Besar POM di Jakarta akan menindaklanjuti hasil pelatihan dengan menerapkan jaminan mutu hasil pengujian secara konsisten.


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun