Home » Berita Rb » Layanan Cekatan Pantau Keamanan Pangan Di Pasar Ngaliyan Semarang

Layanan CEKATAN Pantau Keamanan Pangan di Pasar Ngaliyan Semarang

Layanan Pengecekan Laboratorium untuk Masyarakat dan Sekolahan (Layanan Cekatan) merupakan Inovasi pelayanan publik Balai Besar POM di Semarang untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayananan kepada masyarakat untuk menjamin makanan yang beredar bebas dari bahan berbahaya sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Layanan Cekatan merupakan Layanan Laboratorium keliling yang menguji dan memastikan makanan yang beredar di Pasar dan Kantin Sekolah tidak mengandung bahan berbahaya Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

 

Tahun ini Layanan Cekatan telah mengintervensi 5 pasar (Pasar Jatingaleh, Sampangan, Pedurungan, Peterongan, Kauman) dan 3 Sekolah (SDN Srondol Wetan 05, SDN 02 Srondol Kulon, SMAN 4 Semarang).

 

Selasa, 1 November 2022 Layanan Cekatan mengunjungi Pasar Ngaliyan sebagai kelanjutan Pengawasan peredaran makanan bebas dari bahan berbahaya. Layanan Cekatan juga mendukung program BPOM yaitu Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dimana pedagang dan pembeli berperan dalam pengawasan makanan yang beredar sehingga aman untuk dikonsumsi. “Saya senang Balai Besar POM di Semarang memberikan perhatian kepada Pasar Ngaliyan yang selama ini kurang ada kegiatan sosialisasi padahal pembelinya banyak. Jika nanti ditemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya saya berharap Balai Besar POM di Semarang dapat memberikan pembinaan kepada penjual agar tidak menjualnya lagi,” tutur Bapak Waluyo Kepala Pasar Ngaliyan.

 

Dari hasil sampling dan pengujian petugas tidak terdapat sampel yang mengandung bahan berbahaya boraks, Rhodamin B, dan Methanyl yellow, namun masih masih ditemukan 3 sampel mie yang mengandung formalin. Petugas telah melakukan pembinaan kepada pedagang yang agar tidak menjual mie tersebut karena mengandung bahan berbahaya formalin yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti tumor.

 

“Kami juga telah merekomendasikan distributor mie yang tidak mengandung formalin sesuai hasil uji menggunakan Rapid Tes Kit,” jelas penguji Balai Besar POM di Semarang.

 

BBPOM di Semarang


11/10/2022 - 12:34
Rapat Tinjauan Manajemen Puncak BPOM Tahun 2022

Jakarta - Pada hari kedua Rapat Evaluasi Nasional (REN) BPOM Tahun 2022, Rabu (09/11/2022), BPOM mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Sistem Manajemen Mutu/Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015. Rapat dipimpin oleh Deputi Manajemen Puncak, antara lain Sekretaris Utama BPOM; Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika BPOM; dan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM.

11/07/2022 - 14:04
Deseminasi Studi Tiru ke Balai Besar POM di Denpasar

Dalam upaya sharing ilmu kepada semua Pegawai, Kantor Loka POM di Kabupaten Mimika menjadwalkan Deseminasi dan Sosialisasi dari Pegawai yang telah mengikuti kegiatan Pendidikan, Pelatihan, Sosialisasi, Studi Tiru/Magang untuk menyampaikan hasil yang telah didapat dari kegiatan yang diikuti sehingga semua Pegawai di Lingkngan Kerja Loka POM di Kabupaten Mimika mendapatkan pembaharuan informasi.

11/07/2022 - 07:59
Studi Tiru Pegawai Loka POM di Kabupaten Mimika ke Balai Besar POM di Denpasar

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI), secara berkesinambungan mengupayakan Peningkatan Kompetensi Pegawai melalui Pelatihan secara langsung dengan pertemuan tetap muka, Pelatihan Terjadwal (melalui pertemuan daring/zoom meeting), Pelatihan Tak Terjadwal yang ada pada  https://ppsdm.pom.go.id/ideas/main/index