Home » Berita Rb » Kaji Ulang Manajemen Iso 170252017 Balai Besar Pom Di Padang

Kaji Ulang Manajemen ISO 17025:2017 Balai Besar POM di Padang

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Laboratorium berdasarkan standar ISO 17025:2017 yang dikelola dan diterapkan dengan baik akan menjamin kegiatan pengujian di laboratorium memberikan hasil yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Namun demikian, pemantauan dan evaluasi yang dilakukan secara berkala tetap diperlukan untuk mengetahui konsistensi pelaksanaan, serta mencari solusi atas setiap permasalahan dan menetapkan peluang untuk peningkatannya. Oleh karena itu, Kaji Ulang Manajemen (KUM) Laboratorium merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dilaksanakan untuk tujuan tersebut.

Sebagai laboratorium yang sudah terakreditasi ISO 17025:2017, Balai Besar POM di Padang melaksanakan kegiatan KUM setiap satu tahun sekali. Terakhir, Pada hari Senin, tanggal 27 Desember 2021 dilaksanakan KUM yang dihadiri langsung oleh Bapak Firdaus Umar, S.Si, Apt selaku Kepala Balai Besar POM di Padang, Dra. Hilda Murni, MM, Apt selaku Koordinator Substansi Pengujian beserta seluruh personil dari Substansi Pengujian, dan Elyunaida, S.Si, M.Farm, Apt selaku Kepala Bagian Tata Usaha beserta perwakilan dari Bagian Tata Usaha yang terkait lainnya.

Pada KUM kali ini terdapat 16 agenda pokok bahasan di antaranya evaluasi capaian sasaran mutu, realisasi rekomendasi dari KUM yang dilaksanakan tahun 2020, hasil audit internal dan eksternal, bahasan atas isu eksternal dan internal termasuk perubahan kebijakan yang ada, identifikasi resiko, dan topik lainnya. Tidak kalah penting dari pelaksanaan KUM ini adalah penetapan target capaian untuk tahun 2022 serta rekomendasi untuk peningkatan penerapan SMM pada tahun yang akan datang. Kepala BBPOM di Padang mengamanatkan, agar seluruh komponen pengujian termasuk personil dari fungsi lain yang terkait dengan pengujian, bersatu padu dan bekerja dengan solid agar tercipta lingkungan pengujian yang tangguh dalam menghadapi tantangan pengujian di tahun yang akan datang. Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta secara aktif berdiskusi untuk menyampaikan pendapat dan masukan demi peningkatan kinerja Laboratorum.

Diakhir rapat KUM Kepala Balai Besar POM di Padang menyampaikan apresiasi untuk semua staf Balai Besar POM di Padang karena telah dapat meraih WBBM dan berharap Substansi Pengujian dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam peningkatan kinerjanya untuk mendukung WBBM ini dan Bapak Firdaus Umar juga memberi apresiasi kepada seluruh staf Substansi Pengujian yang telah bekerja dengan sangat baik sehingga Target sampel telah diselesaikan tepat waktu dan telah selesai diuji lebih cepat dari tahun sebelumnya.


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun