Home » Berita Rb » Bimbingan Teknis Bidang Pengujian Mikrobiologi Tahun 2018

Bimbingan Teknis Bidang Pengujian Mikrobiologi Tahun 2018

Produk obat dan makanan yang aman merupakan hal yang sangat krusial bagi masyarakat. Banyaknya produk obat dan makanan yang beredar di masyarakat, merupakan tantangan bagi BPOM RI dan seluruh masyarakat untuk senantiasa dapat melindungi diri dari produk yang beresiko terhadap kesehatan. Sesuai dengan salah satu misi Badan POM yaitu meningkatkan sistem pengawasan obat dan makanan berbasis resiko untuk melindungi masyarakat, maka kapasitas dan kompetensi SDM BPOM terutama yang berada di Bidang Pengujian melalui Bimbingan Teknis.

            Bidang Pengujian Mikrobiologi bertugas untuk melakukan pengawasan produk makanan dan minuman baik pre-market maupun post-market, sesuai dengan parameter-parameter mikrobiologi yang telah ditentukan. Listeria monocytogenes merupakan salah satu parameter uji yang penting. Bakteri ini bersifat patogen bagi manusia karena kemampuan hemolisisnya. Bakteri ini dimungkinkan ada di dalam produk makanan yang terkontaminasi dari lingkungan ataupun produk yang proses produksinya tidak memenuhi standar. Untuk menjaga produk makanan dari cemaran mikroba ini, maka harus dilakukan pengawasan yang lebih intensif sehingga Bimbingan Teknis mengenai Uji Listeria monocytogenes dalam produk pangan dilakukan di Bidang Pengujian Mikrobiologi pada tanggal 23 – 27 April 2018  

Materi bimbingan pada bimbingan teknis ini mencakup Verifikasi Metode Analisis Angka Listeria monocytogenes  pada Produk Pangan (Es krim) sesuai SNI ISO 11290-2 : 2014 ,  Verifikasi Metode Analisis Angka Listeria monocytogenes spp  pada produk pangan ( Es Krim ) sesuai SNI ISO 11290-2 : 2014 serta Verifikasi Metode Analisis Uji Identifikasi Listeria monocytogenes pada produk pangan (Nuget) sesuai SNI ISO  11290-1 : 2012. Narasumber yang memberikan materi dan bimbingan teknis ini adalah Ibu Dr. Eny Zulaika, MP paktisi mikrobiologi dari ITS Surabaya dan Ibu Sri Surati, S.Si  dari P3OMN BPOM RI Jakarta.

Bimbingan Teknis Pengujian Mikrobiologi ini dibuka oleh  Bapak  Drs. Sapari, Apt., M.Kes selaku Kepala Balai Besar POM di Surabaya. Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar POM di Surabaya mengharapkan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan kompetensi personel penguji guna meningkatkan jaminan mutu hasil Pengujian terhadap Produk Obat dan Makanan yang beredar di pasaran.

Bimbingan teknis berjalan dengan lancar, seluruh hasil pengamatan sesuai dengan literatur yang digunakan dan sesuai dengan syarat keberterimaan metode sehingga metode yang dilakukan pada pelatihan ini dapat diaplikasikan pada kegiatan pengujian sehari-hari di Laboratorium Mikrobiologi Balai Besar POM di Surabaya.

Bimbingan Teknis Bidang Pengujian Mikrobiologi ini ditutup pada tanggal 27 April 2018  oleh Ibu  Dra. Edy Kusumaastuti, Apt  yang mewakili  Kepala Balai Besar POM di Surabaya. Diharapkan bimbingan teknis ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam bekerja di Bidang Pengujian Mikrobiologi Balai Besar POM di Surabaya saat ini dan di masa yang akan datang.

 

BBPOM Surabaya


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun