Home » Berita Rb » Badan Pom Berkomitmen Terus Membuka Akses Informasi Penuhi Hak Masyarakat Untuk Tahu

Badan POM Berkomitmen Terus Membuka Akses Informasi, Penuhi Hak Masyarakat untuk Tahu

“Kami tertarik dengan salah satu inovasi yang dilakukan Badan POM yaitu Kerling (Kelotok Laboratorium Keliling). Bisa dijelaskan lebih lanjut tentang Kerling ini?” Demikian disampaikan M. Syahyan Komisioner Komisi Informasi Pusat kepada Plt. Sekretaris Utama Badan POM, Elin Herlina, pada sesi wawancara sebagai bagian dari tahapan presentasi penilaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik (Monev KIP) tahun 2021.

 

Hari ini Senin (11/10), Tim Penilai melakukan pendalaman terhadap video presentasi implementasi keterbukaan informasi publik yang sebelumnya disampaikan oleh badan publik, secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Badan POM bersama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, serta Badan Riset dan Inovasi Nasional berada dalam satu ruang zoom meeting, dengan Cecep Suryadi Komisioner Komisi Informasi Pusat (Ketua Bidang Kelembagaan), M. Syahyan - Komisioner Komisi Informasi Pusat (Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik), dan Yohan Wahyu  - Peneliti Kajian Politik, Litbang Kompas sebagai Tim Penilai.

 

Menjawab pertanyaan Tim Penilai, Plt. Sekretaris Utama yang didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi sebagai PPID Utama Badan POM menyampaikan bahwa setiap inovasi yang dilakukan Badan POM didasarkan pada kebutuhan masyarakat dan kondisi kedaerahan. Sebagai contoh Kerling atau Kelotok Laboratorium Keliling yang merupakan inovasi Balai Besar POM di Banjarmasin. Seperti diketahui, di Banjarmasin terdapat banyak sungai yang menjadi tempat masyarakat berinteraksi termasuk sebagai tempat jual beli yang dikenal dengan Pasar Terapung. “Melihat kondisi ini, Balai Besar POM di Banjarmasin meluncurkan inovasi pelayanan publik Kerling, berupa kegiatan menyisir sungai serta pasar terapung untuk memberikan pelayanan berupa Komunikasi, Informasi dan Edukasi terkait Obat dan Makanan serta melakukan pengujian Formalin, Boraks, Methanyl yellow dan Rodhamin B pada sampel makanan secara gratis.,” ungkap Elin Herlina.

 

Selain Kerling, Balai Besar POM di Surabaya juga meluncurkan inovasi Cangkru’an (Bincang dengan Kru Layanan) untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan publik Balai Besar POM di Surabaya. Cangkru’an merupakan program layanan tatap muka secara virtual yang lebih bersifat informal, yang membahas mengenai berbagai topik yang berbeda setiap minggunya.

 

Pada kesempatan tersebut, Plt. Sekretaris Utama juga menjelaskan mengenai strategi pengenalan dan pemanfaatan aplikasi Badan POM oleh masyarakat, penyusunan agenda setting dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat melalui media sosial Badan POM, penyusunan dan penerbitan berbagai e-book terkait COVID-19, kolaborasi Badan POM dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), media massa dan pihak lainnya dalam penanganan hoaks Obat dan Makanan, serta kanal-kanal yang dapat digunakan masyarakat untuk mengakses informasi dan/atau menyampaikan pengaduan kepada Badan POM.

 

Sebagai penutup, Elin Herlina menegaskan komitmen Badan POM untuk terus membuka akses informasi agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat terkait Obat dan Makanan. Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif mencari informasi. Buka Informasi, Penuhi Hak Masyarakat untuk Tahu Informasi. (PM-Nelly)

 

Biro Hukum dan Organisasi


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun