Home » Berita Rb » Audit Surveillan Pengujian

AUDIT SURVEILLAN PENGUJIAN

Peran Laboratorium pengujian dalam pencapaian Visi Badan POM RI yaitu memberikan perlindungan obat dan makanan yang aman untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing bangsa sangatlah penting dan strategis. Untuk itu, Laboratorium Pengujian Balai Besar POM di Jayapura yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2004 wajib untuk senantiasa memastikan bahwa persyaratan manajemen dan persyaratan teknis  dari sistem mutu ISO/IEC 17025:2008 yang telah direvisi menjadi ISO/IEC 17025:2017 senantiasa terpenuhi,   salah satunya melalui Audit Surveillan.

Tahun 2018, Audit surveillan dilaksanakan bersamaan dengan audit penambahan ruang lingkup pengujian karena laboratorium melakukan pemutakhiran metode dan pustaka pengujian. Kedua audit ini dilaksanakan selama dua hari,  pada hari kamis dan Jumat, tanggal 26-27 April 2018. Tim Auditor dari KAN seluruhnya berjumlah empat orang, yaitu  Ibu Tri Pratiwi mengaudit bagian Mutu dan Administrasi, Ibu Retno Yusiasih mengaudit laboratorium pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya, Bapak Widya Rusyanto  mengaudit Laboratorium Mikrobiologi, Ibu Effi Setiawati mengaudit Laboratorium Terapetik, Kosmetika, Obat Tradisional dan Produk Komplemen.

“Berdasarkan hasil Surveillan, Laboratorium BBPOM di Jayapura masih mengimplementasikan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO/IEC 17025 : 2008”, demikian yang disampaikan  Ibu Tri Pratiwi selaku ketua tim auditor pada rapat penutupan Audit. Terdapat beberapa ketidaksesuaian yang harus diperbaiki dalam waktu sebulan untuk Audit Surveillan, dan tiga bulan untuk ketidaksesuaian Audit Penambahan Ruang Lingkup. Tanggal 25 Mei 2018, sesuai dengan waktu yang ditetapkan, BBPOM di Jayapura telah menyelesaikan perbaikan untuk Ketidaksesuaian Audit Surveillan dengan hasil Memenuhi dari Auditor.

Tetap semangat dalam berkarya …dan jangan lupa untuk tetap bahagia dalam bekerja…kerja…kerja..kerja…

 

Salam BBPOM Di Jayapura

 


06/17/2022 - 06:19
Rapat Tinjauan Manajemen

Dalam rangka menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015, pada hari Senin, tanggal 13 Juni, Balai POM di Manokwari telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai POM di Manokwari, secara hybrid pada Ruang Rapat Balai POM di Manokwari.

06/10/2022 - 11:06
AUDIT INTERNAL QMS 9001:2015 DAN ISO/IEC 17025:2015 DI BPOM GORONTALO

Balai POM di Gorontalo telah melaksanakan Audit Internal QMS ISO 9001 : 2015 pada hari Selasa dan Rabu, 07-08 Juni 2022. Audit internal ini  dibuka langsung oleh Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt., MM. dan  dihadiri oleh Tim Management Representative (MR), SPIP, dan seluruh kelompok substansi di Balai POM di Gorontalo. Selain itu, yang bertugas sebagai Tim Audit Internal Badan POM yakni dari Balai POM di Kendari dan Balai POM di Gorontalo yang diketuai oleh Asmin Alwi, S.Si.,Apt.

06/09/2022 - 21:22
Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun

Audit Internal QMS, Memotret Aktualisasi dan Potensi Perbaikan Berkelanjutan Sistem Manajemen Mutu Yang Dibangun