Benturan Kepentingan

Pelaporan oleh internal, yang berpotensi terjadi benturan kepentingan dan yang mengalami situasi benturan kepentingan. Misalkan saat orang Audit harus melakukan audit di Apotek milik kakaknya, harus mengadukan dirinya pada situasi benturan kepentingan. Atau saat seorang istri akan dipindahkan ke divisi yang akan diaudit oleh suaminya, masuk ke potensi benturan.


Buat Laporan

Apa itu Benturan Kepentingan?

Benturan Kepentingan adalah situasi dimana penyelenggara negara, memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan pribadi, terhadap setiap penggunaan wewenang, sehingga dapat mempengaruhi kualitas keputusan dan/atau tindakannya. Kepentingan/pertimbangan pribadi tersebut dapat berasal dari kepentingan pribadi, kerabat atau kelompok yang kemudian mendesak atau mereduksi gagasan yang dibangun berdasarkan nalar profesionalnya sehingga keputusannya menyimpang dari orisionalitas keprofesionalannya dan akan berimplikasi pada penyelenggaraan negara khususnya di bidang pelayanan publik menjadi tidak efisien dan tidak efektif. Benturan kepentingan sering pula dimaknai sebagai konflik kepentingan (conflict of interest).

Registrasi dan Login

Untuk PNS dan Pramubakti BPOM dapat melaporkan Benturan Kepentingan melalui subsite Reformasi Birokrasi Badan POM. Langkah untuk melakukan registrasi dan login pada aplikasi Pelaporan Benturan Kepentingan dapat diunduh pada link berikut.

  • PDF

    Register - User Manual.pdf

    Download

Kirim Potensi & Pengaduan

Setelah melakukan registrasi dan login, PNS & Pramubakti BPOM dapat membuat pengaduan potensi maupun laporan Benturan Kepentingan melalui aplikasi Pelaporan Benturan Kepentingan. Langkah untuk membuat pengaduan Benturan Kepentingan dapat diunduh dari link berikut.

  • PDF

    [BK] Pelapor - User Manual.pdf

    Download

Alur Pelaporan Benturan Kepentingan