Home » Monev » Sdm Aparatur » Monev Rb Penataan Sistem Manajemen Sdm Tw Ii 2018

Monev RB Penataan Sistem Manajemen SDM TW II 2018

MATRIKS MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BPOM
AREA PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan II Tahun 2018
Kegiatan Tahun 2018 (berdasarkan roadmap)Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB s.d. TW II Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
SDM AparaturPenguatan Sistem Manajemen SDM ASNMeningkatnya jumlah instansi yang mampu menerapkan manajemen kinerja individu untuk mengidentifikasi dan meningkatkan kompetensi SDM aparaturPerencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasiReview penempatan pegawai, tdd:
a. Melakukan perhitungan kebutuhan pegawai melalui Analisis Beban Kerja
b. Melakukan review penempatan pegawai dalam jabatan sesuai struktur organisasi
c. Menyusun SK Kepala Badan tentang penempatan pegawai dlam jabatan
Melakukan redistribusi pegawai sesuai SOTK baru, berdasarkan hasil perhitungan ABK Desember 2017, data dukung:
1. Surat Sestama Nomor KP.10.07.2. 242.03.18.2594 tanggal 14 Maret 2018 ttg Tindak Lanjut Usulan Redistribusi Pegawai
2. Surat Sestama No. KP.10.07.2. 242.03.18.2881 tanggal 29 Maret 2018 ttg Hasil Redistribusi Pegawai
3. Telah diterbitkan SK Kepala Badan Nomor HK.04.1.24.03. 18.1311 Tahun 2018 ttg Penempatan PNS di lingkungan Badan POM.
4. Surat Sestama No. KP.10.07.1.242.06.18 tanggal 22 Juni 2018 perihal Usulan Restrukturisasi UPT BPOM dan Redistribusi Pegawai UPT BPOM
  
  Meningkatnya jumlah instansi untuk membentuk talent pool (kelompok suksesi) untuk pengembangan karier pegawai di lingkungannyaMenyusun dan menetapkan perhitungan formasi jabatan1. Mengusulkan kebutuhan pegawai ke KemenPANRB sebanyak 1.440 formasi (31 Januari 2018)
2. Mengusulkan kebutuhan pegawai ke KemenPANRB melalui surat No. B-KP.01.02.1.242.01. 18.3033 tgl 25 Mei 2018 sebanyak 1.440 formasi 
  
  Meningkatnya pengendalian penerapan sistem merit dalam Manajemen SDm aparaturProses penerimaan pegawai transparan, objektif, akuntabel dan bebas KKNMenyusun tim pelaksana dan pedoman penerimaan CASNMenunggu persetujuan prinsip formasi dari KemenPANRB  
  Meningkatnya profesionalisme aparaturMelakukan updating aplikasi CAT ujian TKB  
   Pelaksanaan rekruitmen CASN secara terbuka, transparan dan bebas KKN  
   Melakukan evaluasi pelaksanaan rekruitmen  
   Melakukan orientasi CASN dan evaluasi kinerja  
   Promosi Jabatan dilakukan secara terbukaPemeliharaan sistem asesmen secara elektronik1. Pengumpulan bahan dan benchmark Sistem Pendaftaran Seleksi Terbuka secara online
2. Pembuatan konsep fitur e-selter. Pembahasan aplikasi dengan Pusdatin
  
   Menyusun kriteria jabatan secara adil dan transparanBelum terlaksana  
   Melakukan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama1. Seleksi Terbuka Deputi II
2. Seleksi Terbuka Direktur Pengamanan
3. Seleksi Terbuka Direktur Penyidikan
4. Seleksi Terbuka Direktur Intelijen
5. Seleksi Terbuka Dir. Pangan Olahan
6. Seleksi Terbuka Ka. Biro Umum dan SDM
7. Seleksi Terbuka Kepala PPSDM
8. Seleksi Terbuka Kepala PRKOM
9. Pengumuman Seleksi Terbuka Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Kepala Biro Humas DSP, Ka. BBPOM Jayapura, Dir. Registrasi Obat, Dir. Registrasi OT, SK dan Kosmetik.
10. Seleksi terbuka JPT Madya, jabatan Deputi 1
11. Seleksi terbuka JPT Madya, jabatan Deputi 3 
14. Seleksi terbuka JPT Pratama, jabatan Dir Registrasi OT, SK dan Kosmetik; Dir Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha; Kepala BBPOM Jayapura; Kepala BBPOM Surabaya                 
  
   Melakukan seleksi terbuka internal untuk Jabatan AdministratorTidak dilaksanakan, namun dilakukan melalui mekanisme Baperjakat  
   Melakukan review pelaksanaan seleksi terbuka jabatan di Badan POM1. Mengkaji Perka No 6 Tahun 2015 tentang perubahan Per Ka BPOM No. 5 tahun 2014 terkait Pedoman Tata Cara pengisian JPT Madya dan Pertama di lingkungan BPOM
2. Koordinasi dengan KASN terkait hal-hal yang perlu direview dalam Perka No 6 Tahun 2015
  
   Pelaksanaan Evaluasi JabatanA. Melakukan review Analisis jabatan agar sesuai kebutuhanDraft Informasi Jabatan sesuai PerBPOM No. 12 Tahun 2018 untuk jabatan:
1. Struktural BBPOM
2. Struktural BPOM
3. Kepala Loka POM
4. Analis Anggaran
5. Penata laksana barang
  
    B. Melakukan evaluasi jabatan agar sesuai dengan kebutuhan1. Surat Menpan No. B/118/M.SM.04.00/2018 tanggal 30 April 2018 tentang Persetujuan Perubahan Hasil Evaluasi Jabatan di Lingkungan Badan POM
2. Draft SK Kepala Badan tentang Kelas Jabatan
3. Draft Usulan Hasil Evaluasi Jabatan sebagai tindak lanjut Peraturan Badan POM No. 12 Tahun 2018 ttg Unit Pelaksana Teknis Badan POM
  
   Penetapan Kinerja Individu.Melakukan Review pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Tahun 2017.1. Surat Edaran Sekretaris Utama Nomor KP.09.01.242.03.18.2376 tanggal 13 Maret 2018 tentang Pemberitahuan Pengumpulan Prestasi Kerja PNS Balai Besar / Balai POM Tahun 2017. Dalam surat Edaran tersebut setiap unit kerja wajib menyusun SKP tahun 2017 dan melakukan penilaian secara online melalui triwulanan
2. Laporan (dalam bentuk excel) nilai SKP masing-masing pegawai baik nilai tahunan maupun nilai triwulanan
1. Adanya migrasi data dari SOTK lama ke baru, sehingga data pegawai masih ada beberrpa yang sesuai1. Koordinasi dengan Pusdatin untuk penyempurnaan sistem
2.Meminta Unit Kerja untuk mengupdate dan croscek masing-masing data pegawainya
    Review peraturan Kepala Badan POM tentang pedoman penilaian prestasi kerja pegawai Badan POM.belum ada perubahan terhadapdasar hukum terkait Penilaian Prestasi kerja( PP 46 Tahun 2011 dan Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013), sehingga tidak dilakukan review terhadap Perka Badan POM Nomor 15 Tahun 2014 tentang Penilaian Prestasi Kerja di lingkungan Badan POM,   
     a)  Surat Edaran Sekretaris Utama Nomor KP.09.01.242.03.18.2376 tanggal 13 Maret 2018 tentang Pemberitahuan Pengumpulan Prestasi Kerja PNS Balai Besar / Balai POM Tahun 2017. Dalam surat Edaran tersebut setiap unit kerja wajib menyusun SKP tahun 2017 dan melakukan penilaian secara online melalui triwulanan
b) tools penilaian perilaku pegawai secara 360 derajat sudah digunakan dalam proses pemilihan pegawai teladan tahun  2018
  
     Dilakukan koordinasi dan konsolidasi dengan unit kerja guna melakukan integrasi aplikasi yang ada pada unit kerja (telah terintegrasi dengan Badan POM Command Center), dalam rangka membangun management cockpit. Saat ini di sistem SIASN sudah terdiri dari berbagai macam aplikasi terkait SDM seperti e-SKp, e-Cuti, e-LHKASN, Manajemen kinerja, SISFO dll  
   Penegakan aturan Disiplin / Kode Etik / Kode Perilaku Pegawai.1. Penyusunan draft revisi Perka Badan POM Nomor 4 Tahun 2016 tentang pemberian tunjangan kinerja PNS di lingkungan Badan POM
2. Penyusunan draft revisi SK Kepala Badan POM tentang pemberian pennghargaan
3. Sudah disusun SOP Makro terkait disiplin pegawai dan pemberian penghargaan
1. Proses nett revisi Perka Badan POM Nomor 4 Tahun 2016 dan SK Kepala Badan POM tentang Pemberian tunjangan kinerja PNS di lingkungan Badan POM
2. Sudah Nett, SK Ka.Badan POM No. HK.04.01.22.07.18.3781 taun 2018 tentang Pemberian Penghargaan kepada Unit Kerja Berprestasi, Pegawai Berprestasi, dan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan POM
  
    Melakukan penegakkan disiplin pegawai.1. Telah dilakukan Pemeriksaan sebagai TL hasil Komdis untuk BBPOM di Jakarta dan BPOM di Jambi
2. Telah dilakukan TL terhadap hasil Komdis BBPOM di Pekanbaru (pensiun dini) dan BBPOM di Manado (Penjatuhan SK Hukdis Tingkat Berat)
3. Telah dilakukan Audit Manajemen Kepegawaian pada BBPOM di Pekanbaru dan BPOM di Ambon
4. Telah diterbitkan SE Nomor KP.09.03.2.243.04.18.3303 tanggal 24 April 2018 tentang Laporan Pengendalian Hukuman Disipliin Pegawai di Liongkungan Badan POM
5. Telah diterbitkan SE Nomor KP.09.03.2.243.06.18.3845 tanggal 6 Juni 2018 tentang Penegakan disiplin dalam pelaksanaan cuti bersama PNS dan Penyelenggaaraan pelayanan publik pada hari libur nasional  tahun 2018 di lingkungan Badan POM
6. Telah disusun laporan hasil Audit MAnajemen Kepegawaian pada BBPOM di PAlembang dan Balai POM di Serang
7. Telah diterbitkan SE Nomor HK.04.02.24.05.18.2926 tanggal15 Mei 2018 tentang Cuti tahunan setelah cuti bersama di lingkungan Badan POM
1. Terkait Audit Manajemen Kepegawaian, TL CAPA dari Unit kerja melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga pembuatan laporan terhambat1. Memberikan peringatan/teguran dari Sestama
    Internalisasi peraturan terbaru yang terkait dengan kepegawaian.1. Telah dilakukan evaluasi Apel pagi tanggal 17 April 2018 melalui Nota dinas Kepala Biro Umum dan SDM kepada Para Pejabat Eselon I di lingkungan Badan POM
2. Telah dilakukan evaluasi kehadiran upacara memperingati hari kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2018 dan hari kebangkitan  nasional tanggal 21 Mei 2018
3. Telah dilakukan Evaluasi Pengendalian disiplin dan akumulasi pelanggaran disiplin TW 1 (Januari s.d. April) melalui nota dinas Kepala Biro Umum kepada Para Eselon I
4. Telah dilakukan rapat Komite Disiplin Pegawai BPOM yang terdiri dari perwakilan Inspektorat, Biro Hukor dan Biro Umum & SDM pada tanggal 12 April dan 27 Juli 2018
1. Unit sudah melakukan perhitungan akumulasi pelanggaran jam kerja, namun belum diikuti oleh proses penjatuhan hukuman disiplin bagi yang sudah melanggar
2. Awwarnes unit untuk melaksanakakan TL surat Edaran masih rendah, harus diingatkan terlebih dahulu
1. Memberikan reminder kepada Unit melalui WA grup
2. Menerbitkan surat kepada Unit kerja agar melakukan TL terhadap pegawai yang akumulasinya sudah diatas 5 hari kerja
3. Akan melakukan pendampingan terhadap Unit Kerja yang terdapat akumulasi pelanggaran jam kerja diatas 5 hari kerja
    Internalisasi peraturan terbaru yang terkait dengan kepegawaian.Melakukan persiapan pelaksanaan coaching clinic kepegawaian  
    Internalisasi peraturan terbaru yang terkait dengan kepegawaian.Telah dilakukan pendampingan pembinaan bersama Eselon Ipada:
1. Balai Besar POM di Bandar Lampung
2. Balai Besar POM di Pekanbaru
3. Balai POM di Kupang
4. Balai POM di Sofifi
  
    Internalisasi peraturan terbaru yang terkait dengan kepegawaian.1 Penyusunan Laporan Hasil Audit Manajemen Kepegawaian pada BBPOPM di Palembang dan BPOM di Serang
2. Pelaksanaan Audit Manajemen Kepegawaian pada Balai Besar POM di Pekan baru dan Balai POM di Ambon
1. Terkait Audit Manajemen Kepegawaian, TL CAPA dari Unit kerja melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga pembuatan laporan terhambatMembuat surat teguran Kepada Kepala Unit kerja yang terlambat melakukan CAPA sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Berita Acara Exit Meeting Audit
    1). Penyusunan draft SK Kepala Badan POM tentang pemberian penghargaan kepada Unit kerja berprestasi1) Sudah Nett, SK Ka.Badan POM No. HK.04.01.22.07.18.3781 taun 2018 tentang Pemberian Penghargaan kepada Unit Kerja Berprestasi, Pegawai Berprestasi, dan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan POM
2)  Pemberian Satyalancana Karya Satya diberikan kepada pegawai yang bersangkutan yang dilakukan oleh  12 Balai Besar / Balai POM  dan pada 9 unit kerja di pusat serta  pada saat HUT RI taun 2018
  
    1) Sudah Nett, SK Ka.Badan POM No. HK.04.01.22.07.18.3781 taun 2018 tentang Pemberian Penghargaan kepada Unit Kerja Berprestasi, Pegawai Berprestasi, dan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan POM
2)  Pemberian Satyalancana Karya Satya diberikan kepada pegawai yang bersangkutan yang dilakukan oleh  12 Balai Besar / Balai POM  dan pada 9 unit kerja di pusat serta  pada saat HUT RI tahun 2018
  
   Sistem Informasi Kepegawaian 1. SOTK Baru untuk Badan POM Pusat telah dapat digunakan.
2. Berdasarkan surat no. KP.03.242.06.18.5003 tanggal 22 Juni 2018, seluru pegawai diinstruksikan untuk melakukan updating data masing-masing, hal ini sekaligus untuk mengecek ulang data pegawai hasil migrasi SOTK baru) 
  
    Penyesuaian sistem dari SOTK lama ke SOTK masih memerlukan perbaikan.