Home » Monev » Mental Aparatur

Mental Aparatur

Monev RB Manajemen Perubahan TW IV 2018

MATRIKS MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BPOM
AREA MENTAL APARATUR
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan IV Tahun 2018
Kegiatan Tahun 2018 (berdasarkan roadmap)Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB s.d. TW IV Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
Mental Aparatur.Manajemen Perubahan.Meningkatnya kepuasan masyarakat / publik atas pelayanan pegawai ASN.Survey Kepuasan Pelanggan / Indeks Kepuasan Masyarakat.  - Melaksanakan Workshop Agen Perubahan yang melibatkan 54 agen Perubahan BPOM Pusat dan Balai
- Rapat lanjutan pembahasan pedoman RB
 - Tidak semua agen perubahan hadir dalam workshop Agen Perubahan
- Keterlibatan tim RB didalam Pembahasan penyusunan pedoman RB belum optimal
 - Penyusunan Buku Agenda Perubahan RB BPOM 2019 sbg acuan dalam pelaksanaan RB oleh seluruh unit kerja maupun bahan sosialisasi/internalisasi RB kepada seluruh pegawai oleh agen perubahan dan Tim RB
- Penyampain draft final pedoman pelaksaan RB kepada KaBadan untuk ditetapkan
- Sosisalisasi/internalisasi/bimtek pedoman RB kepada seluruh unit kerja 
Meningkatnya kinerja seluruh karyawan Badan POM.Capaian indikator pegawai ASN yang berkinerja baik.Pelatihan & Pembentukan Tim   
Meningkatnya profesionalitas pegawai ASN Badan POM.Survei Integritas Sektor Pelayanan Publik yang dinilai oleh KPK.    
      
  Monitoring pelaksanaan budaya integritas, budaya kinerja, dan budaya melayani.   
     
  Melakukan survei untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat.   
      

Monev RB Manajemen Perubahan TW III 2018

MATRIKS MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BPOM
AREA MENTAL APARATUR
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan II Tahun 2018
Kegiatan Tahun 2018 (berdasarkan roadmap)Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB s.d. TW II Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
Mental Aparatur.Manajemen Perubahan.Meningkatnya kepuasan masyarakat / publik atas pelayanan pegawai ASN.Survey Kepuasan Pelanggan / Indeks Kepuasan Masyarakat.  - FGD Penyusunan Rancangan Strategi Komunikasi Internal BPOM
 - FGD Penyusunan Rancangan Pedoman pelaksanaan RB pada Unit Kerja di Lingkungan BPOM
- Pelaksanan pelatihan Management Development Program untuk Pembekalan kompetensi manajerial bagi Kepala Loka POM yang baru saja dilantik
 - Keterlibatan tim RB belum optimal - Pembahasan lanjutan dengan tim HDSP tentang Rancangan strategi komunikasi internal
- Pembahasan lanjutan dengan seluruh Pokja
Penyampaian Rancanagan Pedoman RB untuk dapat diberikan feedback melalui SIASN
Mewajibkan Seluruh Loka POM untuk Menyusin Action Plan Pelaksaan Program di LOka POM dalam 100 hari pertama menjabat
Meningkatnya kinerja seluruh karyawan Badan POM.Capaian indikator pegawai ASN yang berkinerja baik.Pelatihan & Pembentukan Tim   
Meningkatnya profesionalitas pegawai ASN Badan POM.Survei Integritas Sektor Pelayanan Publik yang dinilai oleh KPK.    
      
  Monitoring pelaksanaan budaya integritas, budaya kinerja, dan budaya melayani.   
     
  Melakukan survei untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat.   
      

Monev RB Manajemen Perubahan TW II 2018

MATRIKS MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BPOM
AREA MENTAL APARATUR
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan II Tahun 2018
Kegiatan Tahun 2018 (berdasarkan roadmap)Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB s.d. TW II Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
 Mental Aparatur.Manajemen Perubahan.Meningkatnya kepuasan masyarakat / publik atas pelayanan pegawai ASN.Survey Kepuasan Pelanggan / Indeks Kepuasan Masyarakat. ---
  Meningkatnya kinerja seluruh karyawan Badan POM.Capaian indikator pegawai ASN yang berkinerja baik.Pelatihan & Pembentukan Tima) Melakukan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat bela negara, mental kejuangan yang berwawasan nasional, profesionalisme, cinta tanah air, dan disiplin. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal:
      1)   1-13 Februari 2018, untuk 110 orang.
      2)   5-12 April 2018, untuk 102 orang.
      3)   16-23  April 2018, untuk 103 orang.
      4)   23-30 April 2018, untuk 100 orang.

b)   Mengikutkan 54 orang pegawai BPOM Pusat dan Balai Besar POM / Balai POM untuk mengikuti "Pelatihan Revolusi Mental" yang diselenggarakan oleh LAN, untuk 3 batch pada tanggal:
      1)   Batch I, 5-8 Februari 2018.
      2)   Batch II, 12-15 Februari 2018.
      3)   Batch III, 20-23 Februari 2018.

c) Mengadakan pertemuan antara Kepala BPOM dengan seluruh Pejabat Struktural BPOM Pusat dalam rangka "Town Hall Meeting atau pertemuan terbuka / sambung rasa antara pimpinan dan karyawan", pada tanggal 10 April 2018, di Aula Gedung C BPOM. Pertemuan ini membahas antisipasi BPOM dalam menghadapi hoax dan meningkatkan budaya organisasi BPOM.

d)   Pembentukan Tim Agent of Change Tahun 2018. dilaksanakan bulan Februari 2018
 

e)   Pemilihan Pegawai Teladan setingkat Unit Kerja sebanyak 45 orang  dan setingkat Nasional Tahun 2018 sebanyak 3 orang

f)   Pemilihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Berprestasi Tahun 2018 sebanyak 3 org

g)   Pemilihan Penguji Berprestasi Tahun 2018 sebanyak 3 org.
--
  Meningkatnya profesionalitas pegawai ASN Badan POM.Survei Integritas Sektor Pelayanan Publik yang dinilai oleh KPK.Monitoring pelaksanaan budaya integritas, budaya kinerja, dan budaya melayani.a)  Monitoring implementasi project plant of action peserta pelatihan revolusi mental  sebagai agent of change.

b)  Dilakukan pembinaan pegawai di Balai Besar POM / Balai POM oleh Kepala BPOM maupun Pejabat Struktural Eselon I.

c) Melakukan pembahasan dan penyusunan Kerangka Acuan Kerja terkait rencana untuk survei indeks implementasi budaya organisasi.

d) Melaksanakan Audit Manajemen Kepegawaian.

e) Pembahasan dan penetapan QuickWins Badan POM 2018 yaitu Digital Signature untuk registrasi pangan, SKE Online dan Digital Signatur dan Respon Cepat layanan informasi masyarakat.

f) Pembahasan monitoring penerapan QuickWins Badan POM 2018.
--
  Melakukan survei untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat.a)  Menyusun tools Survey Karakteristik Pekerjaan dan Lingkungan Pekerjaan di BPOM

b) Menyusun tools Survey Angagement pegawai Badan POM

c) Menyusun Tools survey Integritas Organisasi
--

Monev RB Manajemen Perubahan TW I 2018

MATRIKS MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BPOM
AREA MENTAL APARATUR
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan I Tahun 2018
Kegiatan Tahun 2018 (berdasarkan roadmap)Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB s.d. TW I Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
 MENTAL APARATURA. Manajemen Perubahana.      Meningkatnya kepuasan masyarakat/ publik atas pelayanan pegawai ASNa.   Survey Kepuasan Pelanggan/ indeks kepuasan masyarakatPelatihan gugus tugas revolusi mentala)     Pelatihan Change Leader dalam rangka revolusi Mental, untuk 120 orang, akan dibagi dalam 2 batch @ 60 orang. Terdiri dari Pejabat Struktural di lingkungan Badan POM (Pusat dan Balai).a) Waktu pelaksanaan masih menyesuaikan jadwal pimpinan.a) Berkoordinasi untuk menyesuaikan jadwal penyelenggara dan jadwal pimpinan
b.      Meningkatnya kinerja seluruh karyawan Badan POMb.   Capaian indikator pegawai ASN yang berkinerja baikb)    Pelaksanaan sosialisasi membumikan Pancasila dalam pengawasan Obat dan makanan untuk melindungi masyarakat, peserta Pejabat Struktural di lingkungan Badan POM dengan narasumber  Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM, Injen Pol (Purn) Drs. Sidarto  Danusubroto, SH dan Yudi Latif, MA, PhD.
c.      Meningkatnya profesionalitas pegawai ASN Badan POMc.   Survei Integritas Sektor Pelayanan Publik yang dinilai oleh KPK.Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 6 Juni 2017, dengan peserta Seluruh Pejabat Struktural, Asosiasi Pelaku Usaha, Organisasi Profesi dan Perwakilan Masyarakat
  c)     Pelaksanaan Pertemuan Kepala Badan Badan POM  dengan generasi millenial dan Calon Pemimpin Badan POM telah dilaksanakan  tanggal 21-22 Desember 2017.
  Peserta generasi milleneal dan pejabat struktural wakil dari Pusat dan Balai Besar/Balai POM seluruh Indonesia
     Monitoring pelaksanaan budaya integritas, budaya kinerja dan budaya melayaniDilakukan Audit Manajemen Kepegawaian tahun 2017, sebanyak 15 unit yang diaudit, terdiri dari : Jayapura, Manokwari, Manado, Sofifi, Pekanbaru, Batam, Bengkulu, Surabaya, Gorontalo, Semarang, Pontianak, Padang, medan, Bandar Lampung, Makassar.--
     Melakukan survey untuk mengukur indeks kepuasan masyarakata)        Survey Kepuasan Masyarakat 2017 atas unit pelayanan publik.--
b)       Survey kapasitas organisasi dilaksanakan pada bulan Maret – April 2017