Home » Info Terkini » Langkah Awal Untuk Pmprb Tahun 2020

Langkah Awal untuk PMPRB Tahun 2020

Sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan No. HK.02.02.1.7.03.20.08 tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Lingkungan Badan POM, maka PMPRB wajib untuk dilaksanakan dan hasil penilaian tersebut disampaikan kepada Inspektorat Utama selaku Koordinator Asesor dengan batas waktu  sebagaimana telah diatur.

Untuk memperlancar proses PMPRB Inspektorat Utama selaku Koordinator Tim Asesor PMPRB Badan POM memberikan pemahaman pelaksanaan PMPRB Tahun 2020 bagi para asesor melalui Rapat Persiapan PMRB Badan POM tahun 2020 pada tanggal 13 Maret 2020.

Rapat yang dihadiri oleh Tim Pelaksana RB Badan POM, Tim Asesor PMPRB dan Monev RB Badan POM serta Tim RB Unit Eselon I ini membahas tentang rencana pelaksanaan PMPRB Badan POM Tahun 2020. PMPRB dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kemajuan implementasi dan menggambarkan pencapaian RB di lingkungan Badan POM secara mandiri (self-assessment). Untuk alur pelaksanaan pada tahun 2020 ini dibagi menjadi 4 (empat tahap) yaitu:

a)      Tahap 1: Input PMPRB untuk level Unit Kerja Eselon I

b)     Tahap 2: Input PMPRB level organisasi oleh Inspektorat

c)      Tahap 3: Reviu hasil PMPRB oleh Sesmen/Sekjen/Sestama untuk kemudian dikirim ke Kementerian PANRB

d)     Tahap 4: Masuk dalam profil RB Nasional di Kementerian PAN RB

Pada tahap 1, LKE PMPRB Unit Kerja Eselon I akan dikirimkan ke Inspektorat Utama selaku Koordinator Asesor PMPRB melalui website pmprb.menpan.go.id paling lambat 30 Maret 2020 dengan menggunakan akun unit kerja eselon I. Selain itu, Unit Kerja Eselon I agar memenuhi data dukung komponen pengungkit dengan melakukan pemutakhiran secara berkala melalui http://sites.google.com/view/pmprbbadanpom.

Selanjutnya pada tahap 2, hasil penilaian Tim Asesor yang telah ditindaklanjuti agar dikirimkan kepada Inspektorat Utama selaku Koordinator Asesor PMPRB Badan POM melalui http://sites.google.com/view/pmprbbadanpom paling lambat 30 Maret 2020. Nilai, kesimpulan, dan rencana aksi tindak lanjut diperoleh berdasarkan Berita Acara Penandatanganan Konsensus hasil penilaian oleh Kepala Badan POM, seluruh Eselon I, Tim Pelaksana RB dan Tim Asesor PMPRB sebelum disubmit kepada Kementerian PANRB.

Kemudian pada tahap 3, Inspektur Utama menyampaikan hasil PMPRB Badan POM kepada Sekretaris Utama selaku Ketua Tim Pelaksana RB Badan POM secara online sebelum tanggal 30 April 2020. Sekretaris Utama memeriksa hasil penilaian yang telah disampaikan Inspektur Utama dan selanjutnya untuk segera di submit kepada KemenPANRB melalui website pmprb.menpan.go.id paling lambat 30 April 2020.

Sebagai tahap akhir, hasil PMPRB akan masuk dalam profil RB Nasional di Kementerian PAN RB yang kemudian dijadikan gambaran bagaimana pencapaian RB di lingkungan Badan POM.

Seperti pada tahun sebelumnya, selain komponen pengungkit pada 8 area perubahan yaitu manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan serta peningkatan pelayanan publik terdapat pula komponen hasil. Komponen hasil terdiri dari kapasitas dan akuntabilitas kinerja organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta kualitas pelayanan publik. Salah satu yang dibutuhkan dari komponen hasil adalah Survei IPP  dan IPAK, dimana Unit Kerja Eselon I wajib membagikan tautan survei bit.ly/SHPRBBPOM kepada 50 (lima puluh)  pelanggan sebagai responden. Unit Kerja Eselon I yang wajib melaksanakan adalah yang mempunyai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yaitu:

  1. 1.      Kedeputian I Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif
  2. 2.      Kedeputian II Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik
  3. 3.      Kedeputian III Bidang Pengawasan Pangan Olahan

Tentunya diharapkan agar pelaksanaan PMPRB di lingkungan Badan POM dapat berjalan tertib sesuai dengan rencana, sehingga diperlukan komitmen dari seluruh jajaran pimpinan dan seluruh  level pegawai di lingkungan Badan POM.