Home » Info Terkini » Langkah Awal Percepat Pembangunan Zi Menuju Wbkwbbm Sosialisasi Proses Pengajuan

Langkah Awal Percepat Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM : Sosialisasi Proses Pengajuan WBK/WBBM untuk Unit Kerja Eselon II Pusat Tahun 2020

Inspektorat Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) selaku Tim Penilai Internal (TPI) terus berkomitmen mengakselerasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Badan POM. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi proses pengajuan WBK/WBBM untuk Unit Kerja Eselon II Pusat Tahun 2020 pada hari Rabu, 19 Februari 2020 di Ruang Rapat Inspektorat II, Badan POM.

Sosialisasi dibuka oleh Inspektur II, Dra Zulaimah, Apt. M.Si dengan tujuan memberikan keseragaman pemahaman mengenai mekanisme proses pengajuan WBK/WBBM untuk Unit Kerja Eselon II Pusat sesuai surat Edaran Kepala Badan POM nomor HK.02.02.2.7.01.20.22 tanggal 12 Januari 2020 tentang Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Badan POM Tahun 2020.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan tiap Unit Kerja Eselon I Badan POM tersebut merupakan sosialisasi mengenai proses pengajuan WBK/WBBM untuk Unit Kerja Eselon II Pusat pada tahun 2020. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa  masing- masing Unit Kerja Eselon I di lingkungan Badan POM wajib membentuk Tim Penilai Unit (TPU) Eselon I yang ditetapkan melaui Surat Keterangan (SK) pimpinan Unit Kerja Eselon I. TPU Eselon I terdiri dari anggota Assesor PMPRB Badan POM /Asesor PMPRB Unit Kerja Eselon I; dan auditor Internal QMS ISO 9001:2015 yang pernah mendapatkan peningkatan kompetensi Bimtek Asesor PMPRB dan Pelatihan Auditor Internal QMS ISO 9001:2015.

 Proses pengajuan Unit Kerja Eselon II Pusat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Unit kerja Eselon II wajib menyampaikan LKE Self Assesment kepada Tim TPU Eselon I untuk dilakukan penilaian dan pemilihan.
  2. TPU Eselon I melakukan penilaian dan pengecekan dengan data dukung yang ada, kemudian memilih unit kerja eselon II yang layak untuk diajukan ke Tim Penilai Internal (TPI) untuk di evaluasi lebih lanjut.
  3. TPU eselon I melaporkan hasil penilaian kepada pimpinan Unit Kerja Eselon I, dan mengirimkan Unit Kerja yang layak untuk dilakukan evaluasi beserta data dukungnya paling lambat 3 April 2020 melalui link bit.ly/LKEZIisi2020 dengan dilengkapi surat pimpinan Unit Eselon I kepada Inspektorat Utama.

Maka, untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM, Unit Kerja Eselon II Pusat harus melalui 3 (tiga) tahapan penilaian, yaitu:

  1. Penilaian pendahuluan oleh Tim Penilai Unit Kerja Eselon I.
  2. Penilaian TPI oleh Inspektorat Utama.
  3. Penilaian Tim Penilai Nasional (TPN) oleh Kementrian PANRB.

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di lingkungan Badan POM, meningkatkan pencegahan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Badan POM serta meningkatkan jumlah Unit Kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM.