Sumber Daya Manusia

Share
SDM merupakan salah satu aset terkuat Badan POM, oleh karenanya, penataan SDM aparatur menjadi suatu yang krusial untuk dilaksanakan.
 
 
Penataan SDM dilakukan mulai dari proses rekrutmen yaitu dengan pembangunan dan pengembangan sistem rekrutmen secara on-line. Saat ini baru dikembangkan sistem registrasi on-line. Peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan pendidikan diupayakan berbasis kompetensi, asesmen pegawai masih terbatas pada pejabat struktural. Upaya untuk penegakan disiplin telah disosialisasikan dan diterapkan PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai. Sebanyak 285 orang pegawai telah dikenai sanksi disiplin baik hukuman ringan, sedang maupun berat. Untuk itu, telah diterapkan absensi sidik jari. Disamping pemberian reward dan punishment, sosialisasi terkait kepegawaian dilakukan secara simultan ke seluruh pegawai baik di Pusat maupun di Balai Besar/Balai POM dan melalui pembuatan buku saku 1-14.
 
Analisis jabatan dan evaluasi jabatan telah dilakukan mulai tahun 2009, seiring dengan perkembangan tugas dan fungsi Badan POM, maka tahun 2011 telah dilakukan finalisasi analisis jabatan dan evaluasi jabatan. Saat ini dalam proses persiapan pengusulan validasi oleh Tim Kementrian PAN dan RB serta BKN.