Sasaran Reformasi Birokrasi di Badan POM

Share
a. Sasaran Umum Reformasi Birokrasi di BPOM
Sasaran yang ingin dicapai dari proses reformasi birokrasi yang akan dilakukan di Badan POM, secara umum adalah mengubah pola pikir (mind set), budaya kerja (culture set) dan sistem manajemen Badan POM dalam pelayanan public.

b. Sasaran Khusus Reformasi Birokrasi di BPOM
Secara khusus sasaran yang akan dicapai dari proses reformasi birokrasi yang akan dilakukan di Badan POM adalah sebagai berikut:
  1. Kelembagaan: Organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran (right sizing).

  2. Budaya organisasi: Birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi.

  3. Ketatalaksanaan: Sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

  4. Regulasi, deregulasi birokrasi: Regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih dan kondusif.

  5. Pelayanan publik: Pelayanan publik yang mengedepankan ke empat belas aspek pelayanan serta mampu memberikan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi sehingga didapat kepercayaan publik pada Badan POM.

  6. Pengawasan dan Akuntabilitas: Keseluruhan proses pengawasan Obat dan Makanan dan seluruh proses pendukungnya mulai dari perencanaan, penganggaran, implementasi, administrasi keuangan dan pelaporan merupakan proses yang akuntabilitasnya terjaga dengan baik, bebas dari unsur-unsur korupsi, kolusi dan nepotisme.