Reformasi Mental di Awal Tahun

BADAN POM siap!! PIOM siap. PIOM siap mendukung Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) melalui layanan informasi dan teknologi informasi, demikian disampaikan Kepala PIOM, Rita Endang. Rapat awal tahun 2016 internalisasi PIOM merupakan bagian dari revolusi mental dan perkuatan Reformasi Birokrasi. Mendukung usia Badan POM yang ke-15, program unggulan PIOM turut di launching pada acara HUT Badan POM tersebut yaitu :

1. Cek BPOM
2. Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI) Mobile
3. Sistem Pelaporan Informasi Masyarakat Keracunan(SPIMKer)KLB Keracunan Pangan(KP) dan
4. Layanan Importasi  Surat Keterangan Impor (SKI) prioritas.

 

Kepala Bidang Informasi Obat Tri Asti Isnariani memberikan sosialisasi IONI mobile termasuk cara instalasi dan sistem pencarian. Dilanjutkan dengan Kepala Bidang Informasi Keracunan Murti Hadiyani menyampaikan tentang SPIMKer KLB KP. Kepala Sub Bidang Aplikasi Royanih memberikan pelatihan penggunaan Cek BPOM, informasi seluruh produk Obat dan Makanan, ijin edar, komposisi, nama industri. Selain itu dilakukan juga review SK Tim Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan persiapan administrasi BPJS bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) atau yang biasa disebut pramubakti mulai bulan Januari 2016.

 

IONI mobile merupakan informasi monografi obat yang disetujui di Indonesia. Cara penggunaan IONI mobile disediakan bagi masyarakat pada fasilitas hot issue website Badan POM agar masyarakat mudah untuk menggunakannnya. IONI mobile untuk digunakan oleh tenaga kesehatan antara lain: Dokter, Apoteker, Bidan dan lain-lain.

 

Aplikasi SPIMKer KLB KP terintegrasi dengan Rumah Sakit. Dengan sistem yang user friendly, rumah sakit dapat langsung mengisi data kasus keracunan melalui aplikasi SPIMKer KLB KP dengan alamat spimker.pom.go.id. Internalisasi tahap akhir adalah review anggaran satker PIOM TA 2016, kajian untuk percepatan serapan anggaran dengan pelaksanaan yang akuntabel mendukung reformasi birokrasi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Realisasi anggaran satker PIOM TA 2015 sebesar 92,69%. Diharapkan pada tahun 2016 serapan dapat mencapai target 95%.

 

 

 

Pusat Informasi Obat Dan Makanan