PELAKSANAAN PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN BADAN POM TAHUN 2017

Badan POM telah melaksanakan rangkaian pelaksanaan PMPRB Badan POM yang mulai dilakukan pada bulan Maret hingga akhir April 2017, sebelum disampaikan secara online kepada Kementerian PAN dan RB. Rangkaian pelaksanaan PMPRB Badan POM mulai dilakukan mulai minggu ketiga bulan Maret 2017 hingga akhir tenggat waktu pengiriman secara online kepada Kementerian PAN dan RB pada tanggal 28 April 2017.
Pada tahapan ini telah dilakukan berbagai kegiatan antara lain :
  1. Survey Kapasitas Organisasi. Survei ini mempunyai tujuan untuk mengetahui gambaran nyata mengenai pengembangan kapasitas organisasi Badan POM dalam menjalankan tugasnya. Survei dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 24 Maret 2017 di tingkat pusat terhadap 23 unit kerja di lingkungan Sekretariat Utama, Pusat-Pusat, Kedeputian Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan Napza, Kedeputian Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen, serta Kedeputian Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya. Survei
  2. Penilaian offline. Pada tahapan ini asesor PMPRB Badan POM bersama dengan tim pelaksana RB melakukan penilaian mandiri pelaksanaan RB Badan POM dengan menggunakan Lembar Kerja Evaluasi RB yang merupakan format dari Kementerian PAN dan RB. Penilaian ini dilaksanakan tanggal 27 Maret s.d. 13 April 2017.
  3. Finalisasi Evaluasi Pelaksanaan RB pada tanggal 17 s.d. 21 April 2017. Pada tahapan ini dilakukan pembahasan final atas Lembar Kerja Evaluasi RB.
  4. Reviu LKE RB. Tahapan ini dilaksanakan bersamaan dengan finalisasi evaluasi pelaksanaan RB. Pada tahapan ini Lembar Kerja Evaluasi RB yang telah diisi oleh Tim Asesor direviu oleh tim PMPRB Inspektorat. Reviu ini untuk melihat kesesuaian antara data dukung dengan hasil penilaian RB yang dilakukan oleh Tim Asesor PMPRB dan Tim Pelaksana RB.
  5. Penandatanganan Berita Acara Konsensus pada tanggal 28 April 2017. Pada tahapan ini Tim Asessor PMPRB, Tim Pelaksana RB, bersama dengan seluruh jajaran Eselon I Badan POM melakukan penandatanganan Berita Acara Konsensus PMPRB sebelum diinput dan dikirimkan secara online kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  6. Penilaian online. Pada tahapan ini hasil penilaian offline yang telah dilakukan oleh Tim Asesor PMPRB diinput ke dalam aplikasi online PMPRB Kementerian PAN dan RB
  7. Pengiriman Hasil Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB kepada Kementerian PAN dan RB melalui aplikasi PMPRB online. Pada tahapan ini seluruh hasil penilaian PMPRB yang telah diinput ke dalam aplikasi online dikirimkan ke Kementerian dimana Tim Asesor PMPRB dan Tim Pelaksana RB telah memaparkan Lembar Kerja Evaluasi masing-masing area perubahan untuk menyamakan persepsi dalam menilai implementasi RB di Badan POM dan kesesuaian data dukungnya.
Secara rinci, pelaksanaan PMPRB Badan POM Tahun 2017 tertuang pada laporan yang dapat diunduh pada halaman ini.