Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Sistem pengawasan Obat dan Makanan yang melibatkan 3 (tiga) unsur yaitu Pelaku usaha, Pemerintah/Stakeholder dan Masyarakat harus selalu dilaksanakan dan ditingkatkan sesuai dengan Misi Badan POM.  Bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Badung tanggal 29 Agustus 2017, dilakukan penyebaran Informasi kepada 30  industri rumah tangga, utamanya pengrajin  makanan tradisional  yang memproduksi jajan tradisional Bali untuk upakara agama. Berdasarkan hasil pengawasan BBPOM di Denpasar masih banyak ditemukan produk pangan yang menggunakan pewarna merah Rhodamin B walaupun sudah semakin berkurang dengan sudah seringnya dilakukan pembinaan baik oleh BBPOM di Denpasar, Lintas sektor lainnya maupun oleh Tim terpadu yg dibentuk di beberapa kabupaten/Kota dan Provinsi Bali.

Pembukaan Penyebaran Informasi oleh Kepala Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, I Putu Supada,SKM.,M.Kes, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya dan Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BBPOM di Denpasar. Materi yang disampaikan tentang Keamanan Pangan, Kiat Keamanan Pangan dan Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga  (CPPB-IRT) disimak dengan baik oleh peserta dan antusias, hal ini dilihat pada saat diskusi banyaknya pertanyaan yang diajukan. Pada kesempatan ini juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Badung bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Badung telah mengadakan ambulance sebanyak 62 unit yang ditempatkan disetiap Puskesmas Pembantu yang dilengkapi dengan test kit, petugas perawat dan bidan desa yang telah mengikuti pelatihan uji cepat BB dengan test kit. Diharapkan dengan adanya ambulance ini para pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk secara rutin melakukan uji sampelnya di ambulance yang sudah disiapkan juga bisa berkolaborasi dengan program – program Badan POM untuk menuntaskan penyalahgunaan Bahan Berbahaya pada pangan.

BBPOM Di Denpasar




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.