Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Sistem pengawasan Obat dan Makanan yang melibatkan 3 (tiga) unsur yaitu Pelaku usaha, Pemerintah/Stakeholder dan Masyarakat harus selalu dilaksanakan dan ditingkatkan sesuai dengan Misi Badan POM.  Bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Badung tanggal 29 Agustus 2017, dilakukan penyebaran Informasi kepada 30  industri rumah tangga, utamanya pengrajin  makanan tradisional  yang memproduksi jajan tradisional Bali untuk upakara agama. Berdasarkan hasil pengawasan BBPOM di Denpasar masih banyak ditemukan produk pangan yang menggunakan pewarna merah Rhodamin B walaupun sudah semakin berkurang dengan sudah seringnya dilakukan pembinaan baik oleh BBPOM di Denpasar, Lintas sektor lainnya maupun oleh Tim terpadu yg dibentuk di beberapa kabupaten/Kota dan Provinsi Bali.

Pembukaan Penyebaran Informasi oleh Kepala Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, I Putu Supada,SKM.,M.Kes, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya dan Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BBPOM di Denpasar. Materi yang disampaikan tentang Keamanan Pangan, Kiat Keamanan Pangan dan Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga  (CPPB-IRT) disimak dengan baik oleh peserta dan antusias, hal ini dilihat pada saat diskusi banyaknya pertanyaan yang diajukan. Pada kesempatan ini juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Badung bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Badung telah mengadakan ambulance sebanyak 62 unit yang ditempatkan disetiap Puskesmas Pembantu yang dilengkapi dengan test kit, petugas perawat dan bidan desa yang telah mengikuti pelatihan uji cepat BB dengan test kit. Diharapkan dengan adanya ambulance ini para pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk secara rutin melakukan uji sampelnya di ambulance yang sudah disiapkan juga bisa berkolaborasi dengan program – program Badan POM untuk menuntaskan penyalahgunaan Bahan Berbahaya pada pangan.

BBPOM Di Denpasar




23/10/2018 - 11:48

Jakarta – Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menghadiri acara Penyerahan Laporan & Entry Meeting Pemeriksaan Atas Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017-2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (22/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani; Wakil Kepala BPK, Bahrullah Akbar; para anggota dari BPK, serta Para Pimpinan Kementerian/Lembaga.

 

18/10/2018 - 17:11

Jakarta- Kepala BPOM, Penny K. Lukito hari ini Kamis (18/10) menyambangi kantor Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk berkoodinasi dan melaporkan perkembangan persiapan pertemuan para Kepala Badan Pengawas Obat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada bulan November nanti. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan dukungannya terhadap pertemuan tersebut. "Kementerian Luar Negeri akan memberikan dukungan penuh dan bantuan penuh kepada acara OKI tersebut, terkait persidangan, negoisasi, dan lainnya," tutur Retno Marsudi.

18/10/2018 - 11:18

Jakarta - Rabu (17/10), Melanjutkan pelatihan di hari ketiga, para peserta dari Palestina berkunjung ke kantor pusat BPOM di Jakarta. Mereka meninjau dan mempelajari langsung bagaimana BPOM sebagai otoritas pengawas obat dan makanan bekerja. Terdapat tiga tempat yang dikunjungi yaitu BPOM Command Center, Gedung Pelayanan Publik, serta Laboratorium Pusat Pengembangan dan Pengujian Obat dan Makanan.