Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Penyebaran Informasi Keamanan Pangan untuk Industri Jajan Tradisional

Sistem pengawasan Obat dan Makanan yang melibatkan 3 (tiga) unsur yaitu Pelaku usaha, Pemerintah/Stakeholder dan Masyarakat harus selalu dilaksanakan dan ditingkatkan sesuai dengan Misi Badan POM.  Bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Badung tanggal 29 Agustus 2017, dilakukan penyebaran Informasi kepada 30  industri rumah tangga, utamanya pengrajin  makanan tradisional  yang memproduksi jajan tradisional Bali untuk upakara agama. Berdasarkan hasil pengawasan BBPOM di Denpasar masih banyak ditemukan produk pangan yang menggunakan pewarna merah Rhodamin B walaupun sudah semakin berkurang dengan sudah seringnya dilakukan pembinaan baik oleh BBPOM di Denpasar, Lintas sektor lainnya maupun oleh Tim terpadu yg dibentuk di beberapa kabupaten/Kota dan Provinsi Bali.

Pembukaan Penyebaran Informasi oleh Kepala Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, I Putu Supada,SKM.,M.Kes, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya dan Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BBPOM di Denpasar. Materi yang disampaikan tentang Keamanan Pangan, Kiat Keamanan Pangan dan Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga  (CPPB-IRT) disimak dengan baik oleh peserta dan antusias, hal ini dilihat pada saat diskusi banyaknya pertanyaan yang diajukan. Pada kesempatan ini juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Badung bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Badung telah mengadakan ambulance sebanyak 62 unit yang ditempatkan disetiap Puskesmas Pembantu yang dilengkapi dengan test kit, petugas perawat dan bidan desa yang telah mengikuti pelatihan uji cepat BB dengan test kit. Diharapkan dengan adanya ambulance ini para pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk secara rutin melakukan uji sampelnya di ambulance yang sudah disiapkan juga bisa berkolaborasi dengan program – program Badan POM untuk menuntaskan penyalahgunaan Bahan Berbahaya pada pangan.

BBPOM Di Denpasar




26/06/2018 - 08:04

Balai Besar POM di Jakarta sebagai institusi penyelenggara pelayanan publik, menyadari pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas guna memberikan pelayanan prima. Perwujudan Zona Integritas yang meningkat ke arah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) merupakan kebutuhan  yang harus dicapai. Salah satu upaya untuk dapat segera mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh lapisan ASN Balai Besar POM di Jakarta strategi dan upaya yang diperlukan.

04/05/2018 - 16:34

Bandung – Balai Besar POM di Bandung sukses menyelenggarakan acara penandatanganan komitmen bersama mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan BBPOM Bandung, Jumat (4/5/2018).

25/04/2018 - 09:58

BBPOM di Palembang dalam hal ini diwakili oleh Kepala BBPOM di Palembang Dra. Dewi Prawitasari, Apt.,M.Kes., menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan dimana BBPOM di Palembang mendapatkan Peringkat Ketiga Terbaik Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kategori Satker dengan Pagu >10M dari 5 kategori yaitu: Kementerian/Lembaga, Badan Layanan Umum, Satker dengan PAGU >10 M, Satker dengan PAGU <10M dan Organisasi Perangkat Daerah.