Penggunaan Kosmetika Yang Aman Bagi Konsumen

Maraknya promosi di berbagai media dan semakin mudahnya perdagangan antar negara sekarang ini menyebabkan bermacam jenis dan merk produk kosmetika  membanjiri pasaran , sedangkan di peredaran masih ditemukan kosmetika yang tidak aman karena mengandung bahan berbahaya, sehingga sudah semestinya masyarakat harus cerdas dalam memilih kosmetika yang aman.

 

Kegiatan Seminar Kesehatan dan Kefarmasian PAFI Cabang Banyumas yang diselenggarakan  pada tanggal 20 September 2015 di RM Omah Daun Purwokerto dengan tema “Peningkatan Pengetahuan Tenaga Teknis Kefarmasian tentang Kesehatan Kulit dan Pita Suara”, yang diikuti oleh para Tenaga Teknis Kefarmasian  sebanyak kurang lebih 200 orang, baik yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, antara lain di instalasi rumah sakit , Puskesmas, industri kosmetika, apotik dan toko obat yang ada di wilayah Banyumas pada khususnya maupun di Kota/Kabupaten lain Provinsi Jawa Tengah pada umumnya, dibuka oleh Ketua Pengurus PAFI Propinsi Jawa Tengah , Joko Haryanto, SH, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi oleh para narasumber yang berkompeten.

 

Pada acara seminar ini Kepala Balai Besar POM di Semarang, Drs. Agus Prabowo, MS, Apt yang berkesempatan menjadi  narasumber telah memaparkan materi tentang Penggunaan Kosmetik yang Aman bagi Konsumen, yang antara lain disampaikan kepada para peserta dengan memberikan motivasi agar supaya terus menerus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta penerapannya tentang peraturan-peraturan yang terkait dengan kosmetika, sehingga bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan keluarganya maupun  di lingkungan kerjanya serta di lingkungan masyarakat sekitarnya, dalam rangka ikut berpartisipasi agar masyarakat terlindungi dari kosmetika yang tidak aman, ilegal dan Tidak Memenuhi Syarat  yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Kemudian acara seminar ini dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama peserta seminar,   para peserta diajak berdiskusi terkait kosmetika yang aman, dengan tujuan agar para peserta dapat menjadi konsumen yang cerdas, dan diharapkan dapat menyampaikan informasi yang diperoleh tersebut ke komunitas yang lebih luas di tempat masing-masing, yaitu dalam hal pemilihan dan penggunaan kosmetik yang aman serta kiat-kiat menghindari  produk – produk kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan.

 Balai Besar POM di Semarang




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.