Penertiban Obat Tradisionall Ilegal di Kabupaten Blora oleh BBPOM di Semarang

Balai Besar POM di Semarang (BBPOM di Semarang) sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan POM di provinsi Jawa Tengah telah melakukan penertiban di Toko obat EW di Jl. Blora-Kunduran, Kabupaten Blora. Penertiban dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016 dengan hasil ditemukannya Obat Keras sebanyak 20 item dan obat tradisional ilegal sebanyak 12 item, 395 kemasan dengan nilai ekonomis Rp. 7.250.000 (Tujuh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) serta barang bukti berupa dokumen penjualan.

 

Terhadap pemilik Toko Obat EW dilakukan pemanggilan ke Kantor BBPOM di Semarang untuk memberikan keterangan perihal dugaan terjadinya tindak pidana melakukan pekerjaan kefarmasian tanpa keahlian dan kewenangan serta mengedarkan sediaan farmasi berupa obat tradisional tanpa ijin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 197 dan 198 Undang-undang no. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Dengan ancaman pidana kurungan maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp. 1.500.000.000 (satu milyar lima ratus juta rupiah).

 

Balai Besar POM di Semarang




23/10/2018 - 11:48

Jakarta – Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menghadiri acara Penyerahan Laporan & Entry Meeting Pemeriksaan Atas Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017-2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (22/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani; Wakil Kepala BPK, Bahrullah Akbar; para anggota dari BPK, serta Para Pimpinan Kementerian/Lembaga.

 

18/10/2018 - 17:11

Jakarta- Kepala BPOM, Penny K. Lukito hari ini Kamis (18/10) menyambangi kantor Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk berkoodinasi dan melaporkan perkembangan persiapan pertemuan para Kepala Badan Pengawas Obat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada bulan November nanti. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan dukungannya terhadap pertemuan tersebut. "Kementerian Luar Negeri akan memberikan dukungan penuh dan bantuan penuh kepada acara OKI tersebut, terkait persidangan, negoisasi, dan lainnya," tutur Retno Marsudi.

18/10/2018 - 11:18

Jakarta - Rabu (17/10), Melanjutkan pelatihan di hari ketiga, para peserta dari Palestina berkunjung ke kantor pusat BPOM di Jakarta. Mereka meninjau dan mempelajari langsung bagaimana BPOM sebagai otoritas pengawas obat dan makanan bekerja. Terdapat tiga tempat yang dikunjungi yaitu BPOM Command Center, Gedung Pelayanan Publik, serta Laboratorium Pusat Pengembangan dan Pengujian Obat dan Makanan.