Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training

Dalam rangka penguatan Laboratorium Balai Besar POM di Denpasar maka Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional dengan dukungan The Promoting Quality of Medicines U. S. Pharmacopeia (USP PQM) mengadakan Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 10 – 14 Juli 2017, dengan narasumber Angela Oliver, MS, CQE, CQA, USP Senior Laboratory Quality Management Services Specialist. Peserta pelatihan dari Balai Besar POM di Denpasar dan Balai Besar POM di Jayapura.

Pada Pelatihan ini dilakukan presentasi mengenai Data Integrity dan Internal Auditing, selain presentasi dilakukan juga Simulasi Internal Auditing di Laboratorium Terapetik yang mengacu pada WHO GPPQCL TRS 957. Data integrity merupakan kelengkapan, konsistensi dan keakuratan data. Data yang lengkap, konsisten dan akurat harus dapat dihubungkan, dibaca, direkam secara tepat dan akurat (ALCOA). Untuk memastikan data integrity, proses data harus dilakukan seobjektif mungkin, bebas dari bias, sesuai dengan protokol, proses, metode, sistem, peralatan yang telah divalidasi/terkualifikasi atau diverifikasi sesuai dengan prosedur yang telah disetujui.

Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai pengertian audit, tujuan audit, kriteria audit, bukti audit, temuan audit, program audit, ruang lingkup audit dan jenis audit. Audit internal membantu laboratorium untuk mencapai tujuannya dengan membawa sebuah pendekatan yang sistematik dan terarah serta meningkatkan keefektifan kebijakan, prosedur, sistem dan programnya.

Simulasi audit internal di Laboratorium Terapetik dilakukan dengan memilih auditee, auditor dan observer. Auditee mempraktekkan metode pengujian penetapan kadar dan uji disolusi, auditor melaksanakan audit atas praktek yang dilakukan auditee. Ketidaksesuaian yang ditemukan dicatat dan dikategorikan. Pelatihan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan peserta pelatihan mengenai data integrity dan audit internal serta cara melakukan audit.

 

BBPOM Di Denpasar




26/06/2018 - 08:04

Balai Besar POM di Jakarta sebagai institusi penyelenggara pelayanan publik, menyadari pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas guna memberikan pelayanan prima. Perwujudan Zona Integritas yang meningkat ke arah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) merupakan kebutuhan  yang harus dicapai. Salah satu upaya untuk dapat segera mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh lapisan ASN Balai Besar POM di Jakarta strategi dan upaya yang diperlukan.

04/05/2018 - 16:34

Bandung – Balai Besar POM di Bandung sukses menyelenggarakan acara penandatanganan komitmen bersama mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan BBPOM Bandung, Jumat (4/5/2018).

25/04/2018 - 09:58

BBPOM di Palembang dalam hal ini diwakili oleh Kepala BBPOM di Palembang Dra. Dewi Prawitasari, Apt.,M.Kes., menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan dimana BBPOM di Palembang mendapatkan Peringkat Ketiga Terbaik Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kategori Satker dengan Pagu >10M dari 5 kategori yaitu: Kementerian/Lembaga, Badan Layanan Umum, Satker dengan PAGU >10 M, Satker dengan PAGU <10M dan Organisasi Perangkat Daerah.