Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training

Dalam rangka penguatan Laboratorium Balai Besar POM di Denpasar maka Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional dengan dukungan The Promoting Quality of Medicines U. S. Pharmacopeia (USP PQM) mengadakan Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 10 – 14 Juli 2017, dengan narasumber Angela Oliver, MS, CQE, CQA, USP Senior Laboratory Quality Management Services Specialist. Peserta pelatihan dari Balai Besar POM di Denpasar dan Balai Besar POM di Jayapura.

Pada Pelatihan ini dilakukan presentasi mengenai Data Integrity dan Internal Auditing, selain presentasi dilakukan juga Simulasi Internal Auditing di Laboratorium Terapetik yang mengacu pada WHO GPPQCL TRS 957. Data integrity merupakan kelengkapan, konsistensi dan keakuratan data. Data yang lengkap, konsisten dan akurat harus dapat dihubungkan, dibaca, direkam secara tepat dan akurat (ALCOA). Untuk memastikan data integrity, proses data harus dilakukan seobjektif mungkin, bebas dari bias, sesuai dengan protokol, proses, metode, sistem, peralatan yang telah divalidasi/terkualifikasi atau diverifikasi sesuai dengan prosedur yang telah disetujui.

Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai pengertian audit, tujuan audit, kriteria audit, bukti audit, temuan audit, program audit, ruang lingkup audit dan jenis audit. Audit internal membantu laboratorium untuk mencapai tujuannya dengan membawa sebuah pendekatan yang sistematik dan terarah serta meningkatkan keefektifan kebijakan, prosedur, sistem dan programnya.

Simulasi audit internal di Laboratorium Terapetik dilakukan dengan memilih auditee, auditor dan observer. Auditee mempraktekkan metode pengujian penetapan kadar dan uji disolusi, auditor melaksanakan audit atas praktek yang dilakukan auditee. Ketidaksesuaian yang ditemukan dicatat dan dikategorikan. Pelatihan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan peserta pelatihan mengenai data integrity dan audit internal serta cara melakukan audit.

 

BBPOM Di Denpasar




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.