Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training

Dalam rangka penguatan Laboratorium Balai Besar POM di Denpasar maka Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional dengan dukungan The Promoting Quality of Medicines U. S. Pharmacopeia (USP PQM) mengadakan Pelatihan Internal Auditing and Data Integrity Training. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 10 – 14 Juli 2017, dengan narasumber Angela Oliver, MS, CQE, CQA, USP Senior Laboratory Quality Management Services Specialist. Peserta pelatihan dari Balai Besar POM di Denpasar dan Balai Besar POM di Jayapura.

Pada Pelatihan ini dilakukan presentasi mengenai Data Integrity dan Internal Auditing, selain presentasi dilakukan juga Simulasi Internal Auditing di Laboratorium Terapetik yang mengacu pada WHO GPPQCL TRS 957. Data integrity merupakan kelengkapan, konsistensi dan keakuratan data. Data yang lengkap, konsisten dan akurat harus dapat dihubungkan, dibaca, direkam secara tepat dan akurat (ALCOA). Untuk memastikan data integrity, proses data harus dilakukan seobjektif mungkin, bebas dari bias, sesuai dengan protokol, proses, metode, sistem, peralatan yang telah divalidasi/terkualifikasi atau diverifikasi sesuai dengan prosedur yang telah disetujui.

Pada pelatihan ini dijelaskan mengenai pengertian audit, tujuan audit, kriteria audit, bukti audit, temuan audit, program audit, ruang lingkup audit dan jenis audit. Audit internal membantu laboratorium untuk mencapai tujuannya dengan membawa sebuah pendekatan yang sistematik dan terarah serta meningkatkan keefektifan kebijakan, prosedur, sistem dan programnya.

Simulasi audit internal di Laboratorium Terapetik dilakukan dengan memilih auditee, auditor dan observer. Auditee mempraktekkan metode pengujian penetapan kadar dan uji disolusi, auditor melaksanakan audit atas praktek yang dilakukan auditee. Ketidaksesuaian yang ditemukan dicatat dan dikategorikan. Pelatihan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan peserta pelatihan mengenai data integrity dan audit internal serta cara melakukan audit.

 

BBPOM Di Denpasar




23/10/2018 - 11:48

Jakarta – Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menghadiri acara Penyerahan Laporan & Entry Meeting Pemeriksaan Atas Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017-2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (22/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani; Wakil Kepala BPK, Bahrullah Akbar; para anggota dari BPK, serta Para Pimpinan Kementerian/Lembaga.

 

18/10/2018 - 17:11

Jakarta- Kepala BPOM, Penny K. Lukito hari ini Kamis (18/10) menyambangi kantor Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk berkoodinasi dan melaporkan perkembangan persiapan pertemuan para Kepala Badan Pengawas Obat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada bulan November nanti. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan dukungannya terhadap pertemuan tersebut. "Kementerian Luar Negeri akan memberikan dukungan penuh dan bantuan penuh kepada acara OKI tersebut, terkait persidangan, negoisasi, dan lainnya," tutur Retno Marsudi.

18/10/2018 - 11:18

Jakarta - Rabu (17/10), Melanjutkan pelatihan di hari ketiga, para peserta dari Palestina berkunjung ke kantor pusat BPOM di Jakarta. Mereka meninjau dan mempelajari langsung bagaimana BPOM sebagai otoritas pengawas obat dan makanan bekerja. Terdapat tiga tempat yang dikunjungi yaitu BPOM Command Center, Gedung Pelayanan Publik, serta Laboratorium Pusat Pengembangan dan Pengujian Obat dan Makanan.