Monitoring dan Evaluasi Penerapan GLP dan Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025

Dalam rangka Evaluasi Penerapan GLP, Laboratorium Unggulan / Rujukan dan Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025 di Balai Besar POM di Denpasar, PPOMN mengadakan audit di BBPOM di Denpasar selama dua hari, pada tanggal 26 – 27 Mei 2016. Adapun auditor dari PPOMN adalah Deasywaty, S.Si, M.Si. dan Dian Permata, S.Farm. Assesmen yang dilakukan adalah penerapan dan implementasi ISO/IEC 17025 : 2008.

ISO /IEC 17025 merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium penguji apabila laboratorium ingin mendemonstrasikan bahwa laboratorium mengoperasikan sistem manajemen, secara teknis kompeten dan mampu menyajikan hasil yang secara teknis absah. Kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan ISO 17025 dilakukan di laboratorium Teranokoko, Pangan dan Bahan Berbahaya, Mikrobiologi, Jaminan Mutu dan Administrasi Pengujian.  Semua klausul pada ISO/IEC 17025 dievaluasi antara lain : pengendalian dokumen, penanganan barang yang diuji, akomodasi dan lingkungan, pelayanan kepada pelanggan, peralatan, ketertelusuran pengukuran, JMHP serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hasil pengamatan auditor : BBPOM di Denpasar sudah menerapkan dan mengimplementasikan ISO/IEC 17025 : 2008 dalam kegiatan pengujian, dokumen sudah mampu telusur, kondisi akomodasi tertata rapi, tetapi masih perlu peningkatan untuk penerapannya. Kegiatan assesmen PPOMN ini sangat membantu untuk persiapan reakreditasi di BBPOM Denpasar.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga pengecekan jumlah dan kondisi alat di BBPOM di Denpasar untuk dibandingkan dengan standar alat sesuai GLP. Masing – masing laboratorium mempunyai standar alat sendiri, dan saran dari auditor adalah untuk memperjelas kepemilikan peralatan laboratorium sehingga memudahkan untuk melakukan justifikasi pengadaan alat.

Balai Besar POM di Denpasar.




18/07/2018 - 08:51

Dalam rangka menciptakan Zona Integritas di Lingkungan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung, bersama seluruh staf baik PNS maupun Non PNS pada tanggal 16 Juli 2018 di Aula BBPOM di Bandung telah dilaksanakan Sosialisasi dengan penuh khidmat namun ceria. Acara dibuka dengan terlebih dahulu membawakan lagu Indonesia Raya dan Mars Badan POM.

 

26/06/2018 - 08:04

Balai Besar POM di Jakarta sebagai institusi penyelenggara pelayanan publik, menyadari pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas guna memberikan pelayanan prima. Perwujudan Zona Integritas yang meningkat ke arah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) merupakan kebutuhan  yang harus dicapai. Salah satu upaya untuk dapat segera mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh lapisan ASN Balai Besar POM di Jakarta strategi dan upaya yang diperlukan.

04/05/2018 - 16:34

Bandung – Balai Besar POM di Bandung sukses menyelenggarakan acara penandatanganan komitmen bersama mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan BBPOM Bandung, Jumat (4/5/2018).