Monitoring dan Evaluasi Penerapan GLP dan Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025

Dalam rangka Evaluasi Penerapan GLP, Laboratorium Unggulan / Rujukan dan Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025 di Balai Besar POM di Denpasar, PPOMN mengadakan audit di BBPOM di Denpasar selama dua hari, pada tanggal 26 – 27 Mei 2016. Adapun auditor dari PPOMN adalah Deasywaty, S.Si, M.Si. dan Dian Permata, S.Farm. Assesmen yang dilakukan adalah penerapan dan implementasi ISO/IEC 17025 : 2008.

ISO /IEC 17025 merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium penguji apabila laboratorium ingin mendemonstrasikan bahwa laboratorium mengoperasikan sistem manajemen, secara teknis kompeten dan mampu menyajikan hasil yang secara teknis absah. Kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan ISO 17025 dilakukan di laboratorium Teranokoko, Pangan dan Bahan Berbahaya, Mikrobiologi, Jaminan Mutu dan Administrasi Pengujian.  Semua klausul pada ISO/IEC 17025 dievaluasi antara lain : pengendalian dokumen, penanganan barang yang diuji, akomodasi dan lingkungan, pelayanan kepada pelanggan, peralatan, ketertelusuran pengukuran, JMHP serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hasil pengamatan auditor : BBPOM di Denpasar sudah menerapkan dan mengimplementasikan ISO/IEC 17025 : 2008 dalam kegiatan pengujian, dokumen sudah mampu telusur, kondisi akomodasi tertata rapi, tetapi masih perlu peningkatan untuk penerapannya. Kegiatan assesmen PPOMN ini sangat membantu untuk persiapan reakreditasi di BBPOM Denpasar.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga pengecekan jumlah dan kondisi alat di BBPOM di Denpasar untuk dibandingkan dengan standar alat sesuai GLP. Masing – masing laboratorium mempunyai standar alat sendiri, dan saran dari auditor adalah untuk memperjelas kepemilikan peralatan laboratorium sehingga memudahkan untuk melakukan justifikasi pengadaan alat.

Balai Besar POM di Denpasar.




23/10/2018 - 11:48

Jakarta – Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menghadiri acara Penyerahan Laporan & Entry Meeting Pemeriksaan Atas Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017-2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (22/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani; Wakil Kepala BPK, Bahrullah Akbar; para anggota dari BPK, serta Para Pimpinan Kementerian/Lembaga.

 

18/10/2018 - 17:11

Jakarta- Kepala BPOM, Penny K. Lukito hari ini Kamis (18/10) menyambangi kantor Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk berkoodinasi dan melaporkan perkembangan persiapan pertemuan para Kepala Badan Pengawas Obat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada bulan November nanti. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan dukungannya terhadap pertemuan tersebut. "Kementerian Luar Negeri akan memberikan dukungan penuh dan bantuan penuh kepada acara OKI tersebut, terkait persidangan, negoisasi, dan lainnya," tutur Retno Marsudi.

18/10/2018 - 11:18

Jakarta - Rabu (17/10), Melanjutkan pelatihan di hari ketiga, para peserta dari Palestina berkunjung ke kantor pusat BPOM di Jakarta. Mereka meninjau dan mempelajari langsung bagaimana BPOM sebagai otoritas pengawas obat dan makanan bekerja. Terdapat tiga tempat yang dikunjungi yaitu BPOM Command Center, Gedung Pelayanan Publik, serta Laboratorium Pusat Pengembangan dan Pengujian Obat dan Makanan.