Bimtek Keamanan PJAS untuk Gianyar oleh BPOM

Makan makanan yang aman dan sehat setiap hari, membuat kualitas hidup dan kesehatan menjadi lebih baik. Pertumbuhan dan perkembangan dimulai dari sejak usia dini, sejak masa belia. Keamanan pangan untuk anak usia dini dan usia sekolah sangat penting untuk menjadi prioritas utama. Karena anak-anak akan bertumbuh menjadi generasi muda penerus bangsa. Sampai saat ini banyak kasus-kasus keracunan pangan di sekolah TK dan SD disebabkan oleh kurangnya kesadaran anak-anak, setiap individu dan sekolah tentang keamanan pangan.

Berdasarkan fenomena tersebut, keamanan pangan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk disadari dan diterapkan oleh setiap individu. Badan POM melaksanakan Bimtek Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Mercure Hotel Harvest Land Simpang Siur Kuta, Kamis, 20 Juli 2017. Peserta Bimtek sebanyak  167 orang terdiri dari Fasilitator Keamanan Pangan yang telah dilatih oleh BBPOM di Denpasar yang terdiri dari Pengawas SD, SMP dan SMU, Kepala Sekolah, dan Para guru Penanggung Jawab UKS. Untuk kelanjutan proses penerapan dan manajemen keamanan pangan sekolah di Kabupaten Gianyar.

Acara Bimtek dibuka oleh Bupati Gianyar yang diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana, S.Sos., M.AP. Dalam sambutannya Suardana sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini, karena akan sangat membantu masyarakat Gianyar terutama sekolah untuk selalu memperhatikan keamanan dan kesehatan pangan jajanan anak sekolah. Narasumber dari Badan POM, Yanti Ratnasari, SP,MP yang menyampaikan tentang Program Konsumsi Pangan Aman melalui Kantin Sehat dan juga 2 narasumber lainnya dari BBPOM di Denpasar Dra. Luh Putu Witariathi, Apt dan Made Ery B Hantana, S.Si.,Apt. menyampaikan dan memotivasi supaya terciptanya Tim Keamanan Pangan Sekolah. Tekad dan usaha yang kuat, dari Tim Keamanan Pangan sekolah akan menjadikan warga sekolah sehat dan cerdas.

 

BBPOM di Denpasar




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.