Badan POM Sahabat Ibu Dalam Upaya Wujudkan Revolusi Mental

Dalam rangka memperingati hari Revolusi Mental, Badan POM menyelenggarakan “Badan POM Sahabat Ibu” yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya para ibu agar memiliki pengetahuan untuk memilih dan mengonsumsi obat dan makanan secara tepat, benar, dan aman. Acara Badan POM Sahabat Ibu telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2012. Dengan dihadiri oleh 150 ibu-ibu Dharma Wanita dan Karyawan di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Badan POM menyelenggarakan kembali “Badan POM Sahabat Ibu” pada 16 September 2015 di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Acara ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Dr.dr.H.Tubagus Rachmat Sentika, Sp.A., MARS. Dalam sambutannya disampaikan bahwa perlu meningkatkan gotong royong dengan mewujudkan revolusi mental untuk menyamakan persepsi terkait meningkatkan keamanan pangan.

Acara selanjutnya yaitu talkshow “Badan POM Sahabat Ibu” dengan narasumber Kepala Biro Hukum dan Humas, Bapak Budi Djanu Purwanto, SH., MH., dengan host/pemandu acara, Ibu Ayu Dyah Pasha, dan Asisten Deputi Ketahanan Pangan dan Kesehatan Lingkungan, Ibu Meida Octarina sebagai penanggap. Bapak Budi Djanu Purwanto menyampaikan terkait pengawasan obat dan makanan yang dilakukan oleh BPOM RI. Beliau menyampaikan tips dalam memilih obat dan makanan aman dengan cara Cek KIK, yaitu cek kemasan produk, cek nomor izin edar, dan cek tanggal kadaluwarsa.

Talkshow ditutup dengan demo cara mencari informasi tentang obat dan makanan di website Badan POM dan  juga pemberitahuan hasil pengujian sampel makanan yang dibeli di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggunakan “Rapid Test Kit” oleh Tim Mobil Laboratorium Keliling Balai Besar POM di Jakarta. Hasil uji menunjukkan  bahwa masih ditemukan 3 macam makanan (mie kuning, siomay, dan bihun) yang mengandung bahan berbahaya. Diharapkan  dengan kegiatan ini para ibu-ibu  Dharma Wanita dapat menjadi ibu yang cerdas dalam memilih, mengolah, dan menyajikan serta mengkonsumsi makanan yang aman, bermutu, dan bergizi.  

 Maju terus Badan POM Sahabat Ibu agar bangsa kita cerdas…..




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.