AUDIT INTERNAL QMS UNTUK KONSISTENSI Good Governance

Costumer Satisfaction (Kepuasan pelanggan) merupakan tolok ukur telah diterapkannya Sistem manajemen Mutu/Quality Management System (QMS). Kepercayaan dan loyalitas masyarakat terhadap instansi pemerintah saat ini, sangat ditentukan oleh kesuksesan instansi  tersebut dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat. Seiring dengan hal ini, maka standardisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 tahun 2008 dan Sistem Pengendalian Pemerintah (SPIP) merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Tahun 2017 adalah tahun pertama pelaksanaan ISO 9001 :2015. Untuk menjamin bahwa Badan POM RI terutama Balai Besar POM di Denpasar telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (QMS) secara konsisten, efektif, efisien dan terintegrasi, serta sesuai persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 :2015, maka sangat penting untuk mengevaluasi implementasi Sistem Manajemen Mutu secara berkala. Berkaitan dengan hal ini Balai Besar POM di  Denpasar, melaksanakan  Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, pada tanggal 16 dan 18 Agustus 2017.

 

Audit Internal ini dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Dra. Endang Widowati, Apt. Dalam sambutannya Ibu Endang mmenyampaikan tantangan berat yaitu mempertahankan sesuatu lebih sulit dari pada meraihnya. Termasuk konsistensi Badan POM RI serta BBPOM di Denpasar dalam mempertahankan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar sangat perlu melaksanakan Audit Internal QMS. Audit oleh Auditor Internal BBPOM dengan menghasilkan beberapa temuan dari masing-masing Bidang, untuk selanjutnya ditindak lanjut dan diharapkan akan tercapainya dokumentasi serta sistem implementasi yang semakin konsisten dan paripurna, sehingga pada akhirnya selalu mampu memenuhi keinginan dan harapan pelanggan atau masyarakat Indonesia sesuai manajemen pelayanan publik dengan nilai indeks Kepuasan pelanggan yang exellence.

 

BBPOM Di Denpasar




11/01/2018 - 16:57

Serang – Selasa (09/01/18), Di awal tahun, Balai POM di Serang mengadakan syukuran dan evaluasi atas capaian tahun 2017 dan launching sarana baru yaitu : 1) mobil laboratorium keliling 2) mobil operasional penyidikan serta 3) mobil incenerator dari Badan POM, untuk mendukung kegiatan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Banten. Acara dilaksanakan di aula kantor dengan mengundang Ustadz Drs. Nani Abdulgani, M.Pd untuk memberikan motivasi spiritual kepada seluruh pegawai serta doa bersama.

27/10/2017 - 09:07

Mendapatkan kunjungan dari Pembina adalah suatu hal yang sangat ditungu-tunggu oleh setiap Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Palembang pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 berkesempatan dikunjungi oleh Sang Pembina yakni Ibu Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., selaku Sekretaris Utama Badan POM RI.

26/10/2017 - 13:15

BBPOM di Denpasar tiada henti melakukan edukas dengan berbagai macam media. Media elektronik seperti radio, saat ini memang masing digemari oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri radio akan tetap menyala atau on air saat setiap orang mengendarai mobil pribadi, hingga berita terkait apapun dapat dipantau sambil mengendarai roda empat ini. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar memanfaatkan media berupa radio ini untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.