AUDIT INTERNAL QMS UNTUK KONSISTENSI Good Governance

Costumer Satisfaction (Kepuasan pelanggan) merupakan tolok ukur telah diterapkannya Sistem manajemen Mutu/Quality Management System (QMS). Kepercayaan dan loyalitas masyarakat terhadap instansi pemerintah saat ini, sangat ditentukan oleh kesuksesan instansi  tersebut dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat. Seiring dengan hal ini, maka standardisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 tahun 2008 dan Sistem Pengendalian Pemerintah (SPIP) merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Tahun 2017 adalah tahun pertama pelaksanaan ISO 9001 :2015. Untuk menjamin bahwa Badan POM RI terutama Balai Besar POM di Denpasar telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (QMS) secara konsisten, efektif, efisien dan terintegrasi, serta sesuai persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 :2015, maka sangat penting untuk mengevaluasi implementasi Sistem Manajemen Mutu secara berkala. Berkaitan dengan hal ini Balai Besar POM di  Denpasar, melaksanakan  Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, pada tanggal 16 dan 18 Agustus 2017.

 

Audit Internal ini dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Dra. Endang Widowati, Apt. Dalam sambutannya Ibu Endang mmenyampaikan tantangan berat yaitu mempertahankan sesuatu lebih sulit dari pada meraihnya. Termasuk konsistensi Badan POM RI serta BBPOM di Denpasar dalam mempertahankan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Oleh karena itu BBPOM di Denpasar sangat perlu melaksanakan Audit Internal QMS. Audit oleh Auditor Internal BBPOM dengan menghasilkan beberapa temuan dari masing-masing Bidang, untuk selanjutnya ditindak lanjut dan diharapkan akan tercapainya dokumentasi serta sistem implementasi yang semakin konsisten dan paripurna, sehingga pada akhirnya selalu mampu memenuhi keinginan dan harapan pelanggan atau masyarakat Indonesia sesuai manajemen pelayanan publik dengan nilai indeks Kepuasan pelanggan yang exellence.

 

BBPOM Di Denpasar




18/07/2018 - 08:51

Dalam rangka menciptakan Zona Integritas di Lingkungan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung, bersama seluruh staf baik PNS maupun Non PNS pada tanggal 16 Juli 2018 di Aula BBPOM di Bandung telah dilaksanakan Sosialisasi dengan penuh khidmat namun ceria. Acara dibuka dengan terlebih dahulu membawakan lagu Indonesia Raya dan Mars Badan POM.

 

26/06/2018 - 08:04

Balai Besar POM di Jakarta sebagai institusi penyelenggara pelayanan publik, menyadari pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas guna memberikan pelayanan prima. Perwujudan Zona Integritas yang meningkat ke arah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) merupakan kebutuhan  yang harus dicapai. Salah satu upaya untuk dapat segera mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh lapisan ASN Balai Besar POM di Jakarta strategi dan upaya yang diperlukan.

04/05/2018 - 16:34

Bandung – Balai Besar POM di Bandung sukses menyelenggarakan acara penandatanganan komitmen bersama mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan BBPOM Bandung, Jumat (4/5/2018).