Home » Berita Rb » Upaya Konkret Bbpom Di Banda Aceh Dukung Umkm Maju Dan Unggul

Upaya Konkret BBPOM di Banda Aceh dukung UMKM Maju dan Unggul

UMKM merupakan penggerak utama perekonomian masyarakat di Aceh, terutama Kota Banda Aceh tidak memiliki  sumber daya alam yang menjadi andalan perekonomian sehingga Pemerintah Aceh dengan lintas sektor terkait terus melakukan pembinaan dan pendampingan agar UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga statusnya meningkat dari mikro ke kecil dan dari kecil menjadi usaha menengah dan seterusnya

BBPOM di Banda Aceh turut serta berupaya melakukan kegiatan-kegiatan dalam usaha memajukan UMKM di Aceh. Pendampingan dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada pelaku UMKM untuk percepatan perizinan dengan tetap memperhatikan aspek keamanan,mutu dan khasiat produk agar tetap perlu memenuhi standar layak konsumsi agar terjamin keamanan mutunya. Selain itu BBPOM juga turut serta sebagai narasumber dalam kegiatan pertemuan yang dilaksanakan oleh lintas sektor yang dalam hal ini oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh.

Pertemuan ini dilaksankan selama 2 hari bertempat di Hotel Kemala Banda Aceh yang dihadiri oleh Kepala Bidang Infokom BBPOM di Banda Aceh. Pada kesempatan tersebut disampaikan pentingnya pengurusan registrasi produk sebelum produk di edarkan. Hal ini sesuai dengan amanat UU no.18 tahun 2012 tentang Pangan, pasal 91 ayat 1- 2 yaitu:

(1)  Dalam hal pengawasan keamanan, mutu dan gizi, setiap Pangan Olahan yg dibuat di dalam negeri atau yg di import untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran, Pelaku  Usaha Pangan Wajib memiliki Izin edar (BPOM MD/ML)

(2)  Kewajiban memiliki Izin edar sebagaimana dimaksud pada ayat(1) dikecualikan terhadap Pangan Olahan tertentu yg diproduksi oleh Industri Rumah Tangga (P-IRT)

Ada kekeliruan yang sering terjadi di masyarakat dan pelaku usaha, dimana beberapa instansi pendukung UMKM berupaya terus agar dapat menumbuhkan UMKM dalam menciptakan suatu produk dengan dukungan permodalan usaha, peralatan, pelatihan teknis dan manajerial, sementara tidak diselaraskan dengan informasi perizinan produk sebelum di edarkan. Banyak  produk baru bermunculan ke tengah masyarakat tetapi pelaku usaha tidak tahu informasi izin edar produk.

Dengan adanya pertemuan seperti ini maka diharapkan informasi terkait pengurusan izin edar produk sebelum dipasarkan dapat tersampaikan dan ditindaklanjuti oleh pelaku usaha, dengan harapan pelaku usaha yang ada di Aceh lebih maju dan berdaya saing di dunia industri global.

#BBPOM di Banda Aceh dukung UMKM


04/02/2020 - 14:54
Penyesuaian Kembali Waktu Pelaksanaan Pelayanan Publik di Balai Besar POM di Manado

PEMBERITAHUAN

DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

DI BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI MANADO

Nomor : B-KP.11.01.112.04.20.01

 

 

Kepada Yth,

Pelaku Usaha dan Mitra BBPOM di Manado

 

04/01/2020 - 12:54
Press Release Balai POM di Palu mengenai wabah Covid-19

Pada Rabu, 1 April 2020 Balai POM di Palu mengadakan konferensi pers dengan wartawan media massa lokal. Kegiatan dilakukan di Kantor Balai POM di Palu dengan tetap memperhatikan physical distancing. Adapun hasil press release sebagai berikut: Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran Corona Virus Deseases-19 (Covid-19) perlu dilakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Adapun Kegiatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 yang dilakukan Balai POM di Palu terdiri dari: 1.

03/31/2020 - 14:05
Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19), BBPOM di Pontianak Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Selasa, 31 Maret 2020, BBPOM di Pontianak melakukan penyemprotan disinfektan pada beberapa ruangan dan fasilitas pelayanan publik yang ada. Beberapa ruangan tersebut adalah Halaman Kantor, Taman, Mushola, Area Parkir, Toilet, Lorong, Lobby, Aula, Ruang Pelayanan Publik serta Ruang Laktasi  pun tak luput dari penyemprotan disinfektan.