Home » Berita Rb » Upaya Konkret Bbpom Di Banda Aceh Dukung Umkm Maju Dan Unggul

Upaya Konkret BBPOM di Banda Aceh dukung UMKM Maju dan Unggul

UMKM merupakan penggerak utama perekonomian masyarakat di Aceh, terutama Kota Banda Aceh tidak memiliki  sumber daya alam yang menjadi andalan perekonomian sehingga Pemerintah Aceh dengan lintas sektor terkait terus melakukan pembinaan dan pendampingan agar UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga statusnya meningkat dari mikro ke kecil dan dari kecil menjadi usaha menengah dan seterusnya

BBPOM di Banda Aceh turut serta berupaya melakukan kegiatan-kegiatan dalam usaha memajukan UMKM di Aceh. Pendampingan dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada pelaku UMKM untuk percepatan perizinan dengan tetap memperhatikan aspek keamanan,mutu dan khasiat produk agar tetap perlu memenuhi standar layak konsumsi agar terjamin keamanan mutunya. Selain itu BBPOM juga turut serta sebagai narasumber dalam kegiatan pertemuan yang dilaksanakan oleh lintas sektor yang dalam hal ini oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh.

Pertemuan ini dilaksankan selama 2 hari bertempat di Hotel Kemala Banda Aceh yang dihadiri oleh Kepala Bidang Infokom BBPOM di Banda Aceh. Pada kesempatan tersebut disampaikan pentingnya pengurusan registrasi produk sebelum produk di edarkan. Hal ini sesuai dengan amanat UU no.18 tahun 2012 tentang Pangan, pasal 91 ayat 1- 2 yaitu:

(1)  Dalam hal pengawasan keamanan, mutu dan gizi, setiap Pangan Olahan yg dibuat di dalam negeri atau yg di import untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran, Pelaku  Usaha Pangan Wajib memiliki Izin edar (BPOM MD/ML)

(2)  Kewajiban memiliki Izin edar sebagaimana dimaksud pada ayat(1) dikecualikan terhadap Pangan Olahan tertentu yg diproduksi oleh Industri Rumah Tangga (P-IRT)

Ada kekeliruan yang sering terjadi di masyarakat dan pelaku usaha, dimana beberapa instansi pendukung UMKM berupaya terus agar dapat menumbuhkan UMKM dalam menciptakan suatu produk dengan dukungan permodalan usaha, peralatan, pelatihan teknis dan manajerial, sementara tidak diselaraskan dengan informasi perizinan produk sebelum di edarkan. Banyak  produk baru bermunculan ke tengah masyarakat tetapi pelaku usaha tidak tahu informasi izin edar produk.

Dengan adanya pertemuan seperti ini maka diharapkan informasi terkait pengurusan izin edar produk sebelum dipasarkan dapat tersampaikan dan ditindaklanjuti oleh pelaku usaha, dengan harapan pelaku usaha yang ada di Aceh lebih maju dan berdaya saing di dunia industri global.

#BBPOM di Banda Aceh dukung UMKM


02/21/2020 - 12:35
Loka POM Banyumas Giat Kawal Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah di Banyumas

Kamis, 20 Februari 2020, Loka POM Banyumas melakukan Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), SDN 1 Tambaknegara, Kec. Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah. PJAS berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah. Kegiatan penyuluhan keamanan PJAS ini dilakukan sebagai salah satu program pengawasan Loka POM Banyumas untuk mengawal keamanan pangan jajan anak sekolah, mengingat pentingnya pemenuhan asupan energi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

 

02/21/2020 - 12:26
Loka POM Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan PJAS di Purbalingga

Rabu, 19 Februari 2020, Loka POM di Kabupaten Banyumas memberikan penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di MIN 3 Purbalingga dan SMP N 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i, guru, dan pedagang kantin di lingkungan sekolah kurang lebih sejumlah 100 orang. Kegiatan penyuluhan keamanan PJAS ini dilakukan sebagai salah satu program pengawasan Loka POM Banyumas untuk mengawal keamanan pangan jajan anak sekolah, mengingat pentingnya pemenuhan asupan energi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

02/21/2020 - 12:08
Loka POM Banyumas Paparkan Penyuluhan Keamanan PJAS di Sekolah Dasar Kabupaten Banjarnegara

Loka POM Banyumas melakukan Penyuluhan Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS), Selasa, 18 Februari 2020 di SD N 4 Banjarnegara dan SD 1 Muhammadiyah Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

PJAS berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah. Untuk mendapatkan generasi sehat, maka setiap anak Indonesia harus diberikan asupan pangan yang aman, bermutu, dan bergizi sehingga melahirkan generasi Indonesia yang sehat jasmani, pintar dan cerdas.