Home » Berita Rb » Understanding and Developing Isoiec 170252017

Understanding and Developing of ISO/IEC 17025:2017

Laboratorium Pengujian Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung  adalah laboratorium penguji yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi  LP-173-IDN. Sebagai laboratorium terakreditasi, maka dengan diterbitkannya ISO/IEC 17025 : 2017 menggantikan ISO/IEC 17025 : 2005, laboratorium BBPOM di Bandung harus mengadopsi standar baru tersebut. Untuk itu, dalam rangka peningkatan pemahaman personel laboratorium terhadap ISO/IEC 17025 : 2017 maka pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2018 telah dilakukan pelatihan Understanding and Developing of ISO/IEC 17025:2017 dengan narasumber Agus Nurhadi dari AN Training dan diikuti oleh 25 orang peserta.

 

Pada  pembukaan pelatihan,  Kepala BBPOM di Bandung IGN Bagus Kusuma Dewa menyampaikan adanya Peraturan Kepala Badan POM RI No. 12 tahun 2018,  tentang struktur organiasi dan tata kerja unit pelaksana teknis di lingkungan Badan POM. Bidang pengujian yang awalnya terdiri dari tiga bidang pengujian menjadi satu bidang pengujian. Hal tersebut perlu diantisipasi untuk memastikan sistem manajemen mutu laboratorium dapat berjalan sebagaimana mestinya.

 

Dalam pelatihan ini, narasumber menjelaskan perubahan mendasar dari versi terbaru ISO ini, yaitu prinsip risk analysis, process control dan continual improvement. Selain itu, adanya klausul baru tentang ketidakberpihakan dan kerahasiaan yang menjadi salah satu poin penting dalam persyaratannya. Pelatihan diakhiri dengan evaluasi terhadap pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Semoga hal tersebut menjadi modal untuk mengimplementasikan perubahan-perubahan yang terjadi.

 


04/22/2019 - 22:17
Dukungan Kantor Badan POM di Kota Tarakan dalam Penggalangan Komitmen Akreditasi RSUD Tarakan

Tarakan, 22 April 2019 Rumah Sakit Umum  Daerah Tarakan Mantri Raga menggalang dukungan komitmen dalam rangka akreditasi Rumah Sakit. Acara dibuka dengan sambutan Direktur RSUD Mantri Raga Tarakan Joko Haryanto dan Walikota Tarakan yang diwakili oleh pejabat sementara Sekretaris Kota Tarakan Budi Prayitno.

04/12/2019 - 17:22
Kunjungan Walikota Pangkalpinang ke Balai POM Dalam Upaya Peningkatan Sinergisme Pelayanan Publik

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melakukan kunjungan ke Balai POM di Pangkalpinang pada hari Kamis 11 April 2019. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rencana Walikota Pangkalpinang yang telah disampaikan pada acara Car Free Day HUT BPOM Ke-18 di Alun-alun Taman Merdeka, pada kegiatan tersebut Walikota Pangkalpinang menyatakan komitmennya untuk menggerakkan roda perekonomian di Pangkalpinang melalui pertumbuhan di sektor industri padat karya, salah satunya adalah industri kecil dan menengah di bidang pangan olahan.

04/09/2019 - 13:18
Wujudkan Desa Pangan Aman Madya di Desa Tual Melalui Pengawalan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa

Tual (09/04/2019) – Melanjutkan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa yang telah dilaksanakan di Kota Tual tahun lalu, pada tahun ini, Balai POM Ambon melakukan Pengawalan Desa terhadap tiga desa yang telah diintervensi, yaitu Desa Tual, Desa Dullah dan Desa Fiditan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Maret 2019 yang dihadiri oleh perwakilan segenap unsur masyarakat yang ada di desa, dengan menghadirkan M. Viva Agusta dan Indrayani Hardi dari Balai POM di Ambon sebagai narasumber.