Home » Berita Rb » Training Biological Safety Cabinet Langkah Percepatan Kesiapan Uji Mandiri Covid 19 Di

Training Biological Safety Cabinet, Langkah Percepatan Kesiapan Uji Mandiri Covid-19 di BPOM Ambon

 

Ambon (29/06) BPOM di Ambon menyelenggarakan training penggunaan Biological Safety Cabinet (BSC) dari PT Esco Indonesia yang diikuti oleh staf penguji laboratorium mikrobiologi dan seluruh anggota tim penguji Covid-19, Kamis (25/06) bertempat di laboratorium bologi molekuler BPOM Ambon. Adapun Tipe BSC yang dimiliki oleh BPOM Ambon adalah BSC Tipe II Kelas A2. Alat yang sekilas mirip lemari asam ini mampu memberikan proteksi baik dari dan ke dalam area sehingga aman untuk operator/penguji dan sampel atau produk yang diuji. Training ini dilaksanakan sebagai upaya menunjang kesiapan BPOM di Ambon dalam menguji mandiri spesimen Covid-19 menggunakan Teknik Polimerase Chain Reaction (PCR).

Simulasi pemakaian alat BSC telah dilakukan dan semuanya terpantau baik. Para penguji sangat antusias dalam mengikuti training maupun praktik penggunaan alat. Beberapa pertanyaan sehubungan dengan alat juga banyak disampaikan oleh para penguji. Selain memberikan training terkait cara kerja pengoperasian alat BSC, petugas dari PT Esco juga melakukan kalibrasi untuk memastikan kondisi BSC yang bertempat di Ruang Ekstraksi RNA dan Ruang Penambahan Template RNA/DNA di laboratorium biomolekuler ini dapat dioperasikan dengan baik, akurat, dan valid.

Kepala Balai POM di Ambon, Dra Hariani Apt menyampaikan bahwa pelatihan penggunaan BSC ini adalah proses penyegaran bagi penguji di laboratorium biologi molekuler dalam rangka persiapan uji mandiri Covid-19. Selama ini BPOM Ambon melakukan uji terhadap ekstrak RNA SARS-CoV-2 dari Laboratorium BTKLPP Kelas II Ambon secara RT-PCR. “Dengan dilakukannya beberapa pelatihan dan persiapan infrastruktur, diharapkan BPOM Ambon sudah dapat menguji mandiri Covid-19 pada awal Juli ini dimulai dari penerimaan sampel berupa specimen swab orofaring, nasofaring maupun sputum yang berasal dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota atau Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku”, demikian pungkas Hariani (ATM).

 

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon


07/13/2020 - 10:12
Perkuat Komitmen dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, BPOM Palu gelar Advokasi

Tanggal 13 Juli 2020 bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Sigi, Balai POM di Palu melaksanakan kegiatan Advokasi Kelembagaan Desa, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah.  Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PMD dan Kepala Desa Doda dan Balane yang merupakan desa yang akan diintervensi

07/13/2020 - 09:24
Lima Tersangka Perkara Tindak Pidana Obat dan Makanan Diserahkan Ke Kejaksaan

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banda Aceh, di tengah masa pandemi Covid 19 tetap aktif melakukan tugas penyidikan di bidang obat dan makanan.

07/11/2020 - 19:05
PENYERAHAN SERTIFIKAT NOMOR IZIN EDAR (NIE) PANGAN OLAHAN OLEH BUPATI KERINCI

Sungai Penuh, Jambi – (11/07/2020)

Kerinci berada di sekitar Gunung Kerinci, yaitu salah satu kabupaten di ujung barat Provinsi Jambi, yang menghasilkan biji kopi dengan cita rasanya yang unik. Dari sisi aroma, kopi Kerinci memiliki cita rasa yang unik dan khas. “Aroma yang dimiliki kopi Kerinci sangat wangi dan rasanya seperti tamarind, sedikit terasa seperti brown sugar dan spicy,”