Home » Berita Rb » Tingkatkan Kepedulian Anak Sekolah Dasar Terhadap Keamanan Pangan Bpom Ambon Lakukan Kie

Tingkatkan Kepedulian Anak Sekolah Dasar Terhadap Keamanan Pangan, BPOM Ambon Lakukan KIE

Ambon - Balai POM di Ambon kembali melaksanakan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) tentang Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) pada hari Rabu, 27 Maret 2019, bertempat di SDN 7 dan SDN 78 Ambon. Sosialisasi Keamanan Pangan ini diikuti oleh 100 orang siswa siswi dari kelas 4 dan 5. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SDN 7 Marthina Pattiradjawane dan Kepala Sekolah SDN 78 Henderina Likumahwa. Dalam sambutannya, Likumahwa menyampaikan pentingnya Keamanan Pangan diketahui dan diterapkan oleh siswa dalam mengkonsumsi pangan dalam keseharian. Kegiatan ini juga ditinjau oleh Fahmi Sallataholy selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BPOM dalam mengedukasi anak sekolah untuk menerapkan keamanan pangan” terang Sallataholy disela-sela kunjungannya di 2 sekolah dasar tersebut.

Pada sosialisasi tersebut dipaparkan materi mengenai bahaya yang terdapat pada jajanan anak sekolah, cara cuci tangan yang baik, dan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan kedaluwarsa) pada produk pangan oleh Siska Yanti, Fendika Wahyu Pratama, Nisrina Zahira Haqi, dan Agatha Riona Octavianus. Pada materi pertama disampaikan tentang bahaya pada jajanan sekolah yang meliputi tiga bahaya yaitu bahaya fisik, kimia, dan biologi. Bahaya fisik pada pangan seperti rambut, kerikil dan isi stapler. Bahaya kimia pada pangan seperti adanya kandungan boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B. Serta bahaya biologi seperti terkontaminasinya pangan oleh bakteri, kapang maupun jamur. Dalam kesempatan ini juga diajarkan cara mencuci tangan yang baik dengan metode 6 langkah.

Selain kegiatan KIE, Balai POM Ambon melakukan sampling dan pengujian cepat (rapid test) terhadap Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang terdapat pada sekitar sekolah. Produk pangan yang disampling dan diuji adalah telur gulung, tempe goreng, mie dan sirup mangga. Parameter yang diuji adalah formalin dan methanyl yellow. Pengujian didemonstrasikan dihadapan para siswa dan guru Sekolah Dasar peserta KIE yang disambut dengan antusias. Berdasarkan hasil pengujian, produk pangan yang diuji tidak mengandung bahan berbahaya tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dengan mengedukasi Keamanan Pangan, Balai POM Ambon berharap para siswa/siswa bisa menjadi konsumen yang cerdas dan cermat, salah satunya dengan memilih Pangan yang Aman dengan cara Cek Klik (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kadaluarsa).

Kontributor: Balai POM di Ambon


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.