Home » Berita Rb » Tingkatkan Kapasitas Sdm Dan Kekompakan Modal Pppomn Lebih Solid Hadapi Tantangan

Tingkatkan Kapasitas SDM dan Kekompakan, Modal PPPOMN Lebih Solid Hadapi Tantangan

Yogyakarta – Mengawali bulan Agustus, Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN), Jumat (02/08). Mengangkat tema “Dengan Kreativitas Didasari Integritas dan Semangat Pancasila, Kita Siap Menghadapi Tantangan Menuju Indonesia Unggul”, kegiatan tersebut bertujuan memupuk nilai persatuan dan jiwa kepemimpinan jajaran PPPOMN. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Utama, Elin Herlina; Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, Reri Indriani; serta Plt. Kepala PPPOMN, Togi Junice Hutadjulu. 

“PPPOMN memiliki peran yang penting, khususnya dalam menghadapi tantangan pengujian obat dan makanan yang semakin bervariasi seiring dengan berkembangnya teknologi”, ujar Penny K. Lukito membuka acara. Badan POM senantiasa berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan publik secara terus-menerus, tidak hanya untuk melindungi kesehatan masyarakat tetapi juga dalam rangka mendukung pengembangan industri obat dan makanan. 

Lebih lanjut Kepala Badan POM menjelaskan bahwa ke depan Badan POM akan menerapkan regionalisasi laboratorium. Hal ini bertujuan untuk efisiensi pengujian termasuk di dalamnya Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang kompeten dan kooperatif dibutuhkan untuk mewujudkan tata kelola manajemen laboratorium yang baik dalam ruang lingkup pelaksanaan reformasi birokrasi.  

“Badan POM selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensi SDM untuk meng-upgrade pelayanan publik antara lain dengan capacity building yang merupakan salah satu strategi meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan responsivitas dalam rangka kinerja organisasi, dengan memusatkan perhatian pada dimensi pengembangan SDM, penguatan organisasi, dan reformasi kelembagaan,” tambahnya 

Dalam kegiatan tersebut disediakan sesi diskusi antara Kepala Badan POM dengan seluruh pegawai PPPOMN. Beberapa pegawai menyampaikan saran dan masukan terutama terkait permasalahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk perbaikan dan peningkatan kinerja PPPOMN ke depan.

Menutup sambutannya, Kepala Badan POM menyampaikan bahwa pelaksanaan pengawasan dan pelayanan publik dikatakan optimal ketika seluruh stakeholder mempunyai sinergitas dan semangat kebersamaan yang tinggi, sehingga petugas Badan POM akan lebih solid dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. “Saya berharap melalui pemberian motivasi dan edukasi dalam kegiatan ini, seluruh pegawai PPPOMN pada khususnya, dapat memberikan peningkatan pengetahuan, keterampilan serta sikap dan perilaku.” tutupnya. (HM-Bayu) 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan


12/13/2019 - 18:58
Menuju 2020, Badan POM Targetkan Tindak lanjut Menyeluruh Rekomendasi BPK

Jakarta - Pertemuan Entry Meeting Laporan Keuangan Badan POM 2019 dilaksanakan di kantor Badan POM, Jakarta (13/12). Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan apresiasi dan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas evaluasi terhadap laporan keuangan Badan POM. Plt. Sekretaris Utama, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa menyampaikan bahwa evaluasi ini mendorong peningkatan kinerja Badan POM serta lebih luas mendukung perkuatan kerangka kelembagaan Badan POM. “Masukan dan rekomendasi ini akan menguatkan, meningkatkan, dan mengefektifkan pengawasan Badan POM,” tegasnya.

12/13/2019 - 06:41
Desk CAPA Untuk Percepatan Perizinan Pelaku Usaha Obat dan Makanan

Selaras dengan kebijakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang semakin mempermudah pelaku usaha dalam rangka percepatan perizinan obat dan makanan, Balai Besar POM di Jakarta, pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019 menyelenggarakan kegiatan Desk CAPA bagi sarana produksi maupun distribusi yang telah diaudit sebelumnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penerbitan rekomendasi Pemeriksaan Sarana oleh Balai (PSB).

12/12/2019 - 09:04
Balai Besar POM di Serang laksanakan Monev Desa Pangan Aman di Banten

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Serang melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Desa Pangan Aman di Kota Serang Provinsi Banten (9/12/19). Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa dan Pengawalan Desa Pangan Aman di Provinsi Banten tahun 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BBPOM di Serang (Sukriadi Darma) dengan mengundang 136 peserta dari 3 kabupaten yang diintervensi program yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang.