Home » Berita Rb » Tertib Arsip Menuju Birokrasi Kelas Dunia

Tertib Arsip Menuju Birokrasi Kelas Dunia

Jakarta – Selasa (25/3) Kepala Badan POM, Penny K. Lukito menyerahkan arsip statis kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan di Hotel Borobudur, Jakarta. Penyerahan ini disaksikan oleh jajaran pejabat eselon I dan II serta para Kepala Balai Besar/ Balai POM/ loka.

Dalam sambutannya, Kepala Badan POM memaparkan bahwa peningkatan mutu kearsipan diperlukan untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang lebih tertata. “Penyelenggaraan kearsipan yang baik merupakan kewajiban seluruh Kementerian/Lembaga. Hal ini selaras dengan amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan,” jelasnya. Pentingnya penyelenggaraan kearsipan yang tertib dalam pencapaian kinerja organisasi menjadi salah satu latar belakang penyerahan arsip Badan POM kepada ANRI.

"Kami telah melakukan penilaian kepada Badan POM tentang tata kearsipan. Hasilnya menunjukkan bahwa Badan POM mendapat kriteria cukup. Kami berharap penyerahan atau pelaporan arsip dapat berjalan secara berkelanjutan,” ungkap Mustari Irawan dalam sambutannya. “Saya sangat sependapat dengan Ibu Kepala Badan POM bahwa tata kearsipan sangatlah penting. Tidak sedikit organisasi atau lembaga yang kehilangan aset dikarenakan tata kearsipan yang kurang baik," ungkapnya.

Badan POM berkomitmen menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar sebagaimana dibutuhkan oleh suatu sistem kearsipan yang andal. "Kami menyambut baik dan segera turut mengimplementasikan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Badan POM. Gerakan ini akan kami gaungkan tidak hanya di Pusat tetapi juga Balai Besar/Balai POM dan kantor Badan POM di kabupaten/kota di seluruh Indonesia," jelas Kepala Badan POM.

"Kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala ANRI, Bapak Mustari Irawan yang telah hadir untuk memberikan penguatan dalam penyelenggaraan kearsipan di Badan POM. Semoga dukungan dan pendampingan ANRI semakin meningkatkan sistem kearsipan Badan POM hingga mampu mencapai nilai akreditasi pengelolaan kearsipan tertinggi." Kepala Badan POM menyampaikan harapannya.
 
Pada rangkaian acara tersebut, ditandatangani Piagam Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip sebagai komitmen untuk menghidupkan dan menginternalisasi gerakan ini di Badan POM. (HM-Chandra)

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.