Home » Berita Rb » Tantangan Dan Peluang Pengawasan Mutu Dan Keamanan Pangan Di Era 40 Implikasinya Pada

Tantangan dan Peluang Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan di Era 4.0: Implikasinya pada Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)

Jakarta - “Tantangan dan Peluang Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan di Era 4.0: Implikasinya pada Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)” menjadi topik pembahasan Kepala Badan POM, Penny K. Lukito saat menyampaikan orasi ilmiah pada acara peringatan Dies Natalis Universitas Sahid Jakarta ke-31 di Hotel Grand Sahid, Rabu (25/04).

 

Kepala Badan POM memaparkan bahwa saat ini pengawasan obat dan makanan menghadapi tantangan dalam memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi tinggi. Persaingan untuk mendorong kemandirian dan daya saing industri, khususnya skala kecil dan mikro; inovasi dan riset pengembangan produk dan teknologi; kapasitas pengujian laboratorium; digitalisasi peredaran produk, kebijakan, standar, dan regulasi yang update; dan pelayanan publik serta sistem pengawasan berbasis digital (digital melayani), merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan Badan POM terkait pengawasan obat dan makanan sekarang ini.

 

Semakin besarnya tantangan tersebut, semakin menuntut peran aktif berbagai pihak termasuk masyarakat dalam pengawasan obat dan makanan.  Masyarakat sebagai pengguna akhir produk harus diedukasi menjadi konsumen cerdas. “Di sinilah diperlukan pula peran serta dari perguruan tinggi meningkatkan kapasitas SDM keamanan pangan, selain juga keterlibatan civitas akademika dan mahasiswa untuk memberikan edukasi dan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat dalam tugas pengabdian masyarakat untuk memberikan dampak perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen cerdas pangan,” ungkap Kepala Badan POM.

 

“Saat ini Badan POM melihat perguruan tinggi seperti Universitas Sahid Jakarta ini sebagai salah satu pilar penting dalam mendukung tercapainya Keamanan Pangan Nasional diantaranya dengan menyiapkan SDM lulusan yang berkualitas (S1, S2, S3) baik sebagai ASN, pelaksana penelitian dan kajian ilmiah, perkembangan standar dan regulasi/kebijakan keamanan pangan nasional,” lanjut Kepala Badan POM.

 

Hal ini sejalan dengan pernyataan Rektor Rektor Universitas Sahid Jakarta, Prof. Dr. Hardinsyah, MS. “Jadikanlah hari ini sebagai momentum yang penting untuk terjun dan mengabdi pada masyarakat, belajarlah terus dari orang-orang sekitar anda,” ujar Prof. Dr. Hardinsyah, MS dalam membuka acara.

 

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Budaya Sahid Jaya, Nugroho B. Sukamdani menegaskan bahwa memasuki era revolusi industri 4.0 akan mempengaruhi beberapa sektor. Hal ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi mempersiapkan lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi.

 

Pada kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Badan POM dengan Universitas Sahid Jakarta tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa Badan POM selalu terbuka untuk berdialog dan bekerja sama dengan perguruan tinggi. (HM-Grace)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.