Home » Berita Rb » Study Banding Unsyiah Ke Laboratorium Biotek Bbpom Di Banda Aceh

Study Banding Unsyiah ke Laboratorium Biotek BBPOM di Banda Aceh

Rabu, 17 Februari 2021, BBPOM di Banda Aceh menerima kunjungan tim dari jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), yang dipimpin oleh Ibu Fauziah selaku Sekretaris Jurusan. Tim dari Universitas Syiah Kuala ini diterima langsung oleh Plt. Kepala BBPOM di Banda Aceh, Desi Ariyanti Ningsih, S.Si, Apt, yang didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Koordinator Pengujian, dan Sub Koordinator Pengujian Mikrobiologi.

Pertemuan diawali dengan pemaparan tujuan kedatangan tim Unsyiah yang bermaksud melakukan studi banding berkaitan dengan rencana mereka mempersiapkan akreditasi laboratorium untuk pengujian halal. Tim Unsyiah mengganggap laboratorium BBPOM di Banda Aceh yang telah terakreditasi ISO 17025 merupakan tempat rujukan yang tepat dalam mempelajari cara kerja dan standar laboratorium yang dibutuhkan untuk pengujian deteksi fragmen DNA porcine, salah satu parameter untuk menentukan kehalalan produk.

Di dalam diskusi, Plt. Kepala BBPOM di Banda Aceh menjelaskan mengenai fungsi pengujian yang dilaksanakan oleh laboratorium BBPOM dan juga memberikan gambaran mengenai tugas pokok dan fungsi yang diemban BBPOM dalam perannya melayani masyarakat.  Selanjutnya, tim Unsyiah berkesempatan untuk melihat langsung kondisi laboratorium mikrobiologi dan biomolekuler dan mempelajari alur proses pengujian. Untuk ke depannya, kedua pihak  berharap kerjasama dapat terus terjalin antara BBPOM di Banda Aceh dan Unsyiah khususnya jurusan Biologi.

Jika masyarakat memerlukan informasi tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi petugas pelayanan publik di nomor 081397010250 dan juga dapat  mengikuti media sosial BBPOM di Banda Aceh melalui Instagram (@bpomaceh), Twitter (@BPOMAceh), Facebook (BPOM Aceh) dan Youtube (BPOM Aceh).

 

Balai Besar POM di Banda Aceh


02/27/2021 - 10:40
Lebih Dekat dengan Konsumen BPOM Melalui Program CangKru’An

Sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada konsumen, Balai Besar POM di Surabaya membuka program layanan tatap muka secara virtual. Program yang berjudul CangKru’An (binCang dengan Kru layanAn) ini merupakan inovasi untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan konsumen terhadap layanan publik Balai Besar POM di Surabaya.

02/26/2021 - 17:55
Badan POM Pastikan Pengelolaan Keuangan dan Kegiatan Yang Dilakukan Berkontribusi Pada Pembangunan Nasional

Jakarta – Pada Tahun Anggaran 2020, Badan POM melaksanakan 18 Proyek Prioritas Nasional (Pro-PN) pada satuan kerja pusat dan 10 Pro-PN pada lingkup Balai Besar/Balai POM, dan pelaksanaannya terus dikawal dan dipastikan implementasi DIPA Badan POM,  “Pengelolaan anggaran maupun pelaksanaan kegiatan fisik dipastikan mendukung secara nyata pencapaian sasaran visi dan misi Badan POM dalam memberikan kontribusi kinerja pembangunan nasional”, ungkap Kepala Badan POM, Penny K.

02/26/2021 - 17:44
Aksi Cepat Mewujudkan WBK 2021 Balai POM di Kupang

Reformasi Birokrasi merupakan cara efektif dan efisien untuk melakukan penataan system penyelenggaraan pemerintah yang baik (good governance). Hal itu ditandai adanya pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan professional. Reformasi Birokrasi merupakan sebuah perubahan paradigma dan tata kelola pemerintahan di Indonesia. Perubahan birokrasi sangat bergantung pada mind set dan cultural set aparatur.