Home » Berita Rb » Sosialisasi Regulasi Dan Standar Mutu Di Bidang Obat

Sosialisasi Regulasi dan Standar Mutu di Bidang Obat

BEKASI - Direktorat Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif (NAPPZA) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Regulasi dan Standar Mutu di Bidang Obat, Kamis sampai Jumat (2-3 Mei 2019) bertempat di Hotel Harris, Bekasi. Peserta sosialisasi adalah struktural dan staf di bidang Informasi dan Komunikasi, Pemeriksaan serta Pengujian yang mewakili 33 Balai/Balai Besar POM dan 40 Kantor POM yang tersebar di seluruh Indonesia serta perwakilan unit-unit di Kedeputian Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA Badan POM dan Pusat Pengembangan dan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) Badan POM. Dengan terselenggaranaya kegiatan ini, diharapkan peserta sosialisasi dapat menyampaikan materi sosialisasi regulasi dan standar mutu kepada staf lain di Balai Besar/Balai POM, Kantor POM dan unit masing-masing, kepada para pelaku usaha dan Pemerintah Daerah di lingkungan wilayah kerjanya masing-masing dan senantiasa mengacu pada monografi terbaru/update dalam Farmakope Indonesia dan/atau Suplemen Farmakope Indonesia dalam pelaksanaan pengujian di Balai Besar/Balai POM.
Di dalam sambutan pembukaannya, Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA, menyampaikan bahwa sebagai lembaga Pengawas Obat dan Makanan yang memiliki fungsi strategis terkait perlindungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus mendukung daya saing nasional, BPOM perlu diperkuat, baik dari sisi peraturan pendukung maupun kelembagaan, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta sarana pendukung lainnya seperti laboratorium, sistem teknologi dan informasi. Salah satu arah kebijakan BPOM adalah perkuatan regulasi, standar dan pedoman pengawasan Obat dan Makanan serta dukungan regulatori kepada pelaku usaha dalam rangka pemenuhan standar dan ketentuan yang berlaku. Disampaikan pula bahwa regulasi dan standar harus senantiasa di-update sehingga mampu menjawab tantangan pengawasan Obat dan Makanan serta sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Regulasi dan standar yang disosialisasikan dalam kegiatan ini, yaitu Peraturan BPOM No. 28 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Obat-obat Tertentu yang Sering Disalahgunakan  dan Kebijakan Standar Mutu Obat yang disampaikan oleh Direktur Standardisasi Obat dan NAPPZA, Peraturan BPOM No. 33 Tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sistem Informasi Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, serta Suplemen 2 Farmakope Indonesia Edisi V dan Hasil Survei Implementasi Farmakope Indonesia yang disampaikan oleh Plt. Kepala Subdirektorat Standardisasi Mutu Obat dan NAPP. Selanjutnya, dilakukan juga sosialisasi rancangan Peraturan Pemerintan tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA, Rancangan Peraturan BPOM No. HK.03.1.34.11.12.7542 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Cara Distribusi Obat yang Baik Aneks 3 yang disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Pengawasan Sarana Distribusi Obat, NAPP dan Bahan Obat Regional II, serta rancangan Kebijakan Pengawasan Obat yang beredar secara daring yang disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Standardisasi Khasiat dan Keamanan Obat. Selain dilakukan sosialisasi regulasi, standar, dan rancangan regulasi, disampaikan juga materi penyegaran terkait cemaran oleh Prof. Dr.Rer.Nat. Mochammad Yuwono, MS., Apt. dari Universitas Airlangga serta materi terkait validasi dan verifikasi metode analisis oleh Prof. Dr. Slamet Ibrahim, DEA, Apt dari Institut Teknologi Bandung (ITB).
Peserta sosialisasi menyambut baik kegiatan ini, dibuktikan dengan antusiasme dalam sesi diskusi mengingat banyaknya permasalahan yang ditemui dalam melakukan pengawasan di daerah. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan menjadi wadah pertukaran informasi yang bermanfaat dalam implementasi regulasi dan standar di bidang obat guna terlaksananya pengawasan obat yang efektif. 
Direktorat Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.