Home » Berita Rb » Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Publik Bagi Petugas Layanan Publik Bbpom Di Bandung

SOSIALISASI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK BAGI PETUGAS LAYANAN PUBLIK BBPOM DI BANDUNG

Dalam rangka meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan wawasan petugas layanan publik di Balai Besar POM di Bandung, pada tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2019 bertempat di Ruang Bandung Information Center (BIC) BBPOM di Bandung, telah dilaksanakan Sosialisasi Peningkatan Layanan Publik.

Acara yang diselenggarakan 3 (tiga) hari ini dibuka oleh Plh. Kepala BBPOM di Bandung, Sofiyani Chandrawati dan diikuti oleh 20 (dua puluh) orang petugas layanan publik dari Bidang Informasi dan Komunikasi, Bidang Pengujian, Bidang Pemeriksaan, Bagian Tata Usaha BBPOM di Bandung, serta petugas Infokom dari Loka POM Kota Tasikmalaya.

Pada kegiatan Sosialisasi Peningkatan Layanan Publik ini, dihadirkan 10 (sepuluh) narasumber yang seluruhnya berasal dari beberapa Direktorat di Badan POM. Pada kegiatan hari pertama, hadir narasumber dari Biro Humas dan Dukungan Strategis Pimpinan serta Kedeputian 1 BPOM, yaitu Kepala Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Fauziah Mappamasing yang menyampaikan materi mengenai Layanan Pengaduan Masyarakat dan Informasi Obat dan Makanan; Kepala Seksi Registrasi Ulang dan Variasi Obat Generik, Rina Apriani menyampaikan materi mengenai Percepatan Layanan Publik Registrasi Obat; dan Lili Damayanti yang merupakan Kepala Seksi Penilaian Sarana Distribusi Obat, Narkotik, Psikotropik, Prekursor dan Bahan Obat Regional 1 memaparkan materi mengenai Percepatan Pelayanan Publik dan Peningkatan Pemenuhan Standar melalui Sertifikasi CDOB Online.

Hari kedua Sosialisasi, peserta mendapatkan paparan materi dari narasumber yang berasal dari Kedeputian 2, yaitu mengenai Regulasi di Bidang Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik dari Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, Tepy Usia; materi tentang Pengawasan Kosmetik oleh Direktur Pengawasan Kosmetik, Arustiyono; paparan mengenai Kebijakan di Bidang Ekspor Impor Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan dan Sertifikasi CPOTB oleh Kepala Sub Direktorat Pengawasan Keamanan dan Mutu Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, Better Ridder; serta pemaparan mengenai Registrasi Kosmetik oleh narasumber dari Direktorat Registrasi Kosmetik, Anastasia Bangun.

Pada hari terakhir pelaksanaan sosialisasi, narasumber dari Kedeputian 3 yaitu Yennie Rosyiani Wulansary, selaku Kepala Seksi Registrasi Bahan Tambahan Pangan hadir memberikan materi mengenai Izin Edar Pangan Olahan; dilanjutkan oleh pemaparan materi mengenai Importasi Eksportasi dan Sertifikasi Pangan Olahan oleh Kepala Seksi Inspeksi Pangan Ekspor Impor, Betty Noegraha Ardi; serta materi penutup dari Kepala Seksi Standardisasi Bahan Tambahan Pangan, Lili Defi Z. mengenai Regulasi terkait Pangan Olahan.

Dalam setiap sesi diskusi dan tanya jawab, peserta sosialisasi sangat antusias melontarkan pertanyaan, berdiskusi, dan berbagi pengalaman dengan narasumber mengenai berbagai hal yang pernah dijumpai di lapangan saat melakukan layanan publik ataupun saat melakukan kegiatan penyebaran informasi atau KIE kepada masyarakat umum dan pelaku usaha.

Melalui acara ini, narasumber BPOM juga melakukan sosialisasi berbagai peraturan baru di bidang obat dan makanan, yang kemudian dapat dijadikan acuan bagi petugas di BBPOM di Bandung dalam memberikan informasi atau layanan publik bagi masyarakat termasuk pelaku usaha, sekaligus menampung berbagai informasi yang dapat dijadikan masukan untuk perbaikan atau revisi peraturan yang sudah ada.

Sosialisasi Peningkatan Layanan Publik ini ditutup secara resmi oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Rusiana. Diharapkan kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali secara rutin dan diikuti oleh peserta yang lebih banyak sehingga petugas pemberi layanan publik dapat selalu meng-update informasi terutama mengenai peraturan-peraturan baru serta dapat menginterpretasikan peraturan terkait obat dan makanan dengan baik.


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.