Home » Berita Rb » Sinergitas Antara Bpom Di Palu Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una Dalam

SINERGITAS ANTARA BPOM DI PALU DENGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TOJO UNA-UNA DALAM PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

Bertempat diruang rapat eksekutif kantor Bupati Kabupaten Tojo Una-Una  Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan di Palu, Fauzi Ferdiansyah melaksanakan Penandatanganan MoU dengan Bupati Kabupaten Tojo Una-Una, Mohammad Lahay tentang Pengawasan Obat dan Makanan Terpadu pada hari selasa tanggal 08 juni 2021.

Bupati Tojo Una-Una, Mohammad Lahay menyambut baik kedatangan Kepala Balai POM di Palu beserta rombongan. Rangkaian acara penandatanganan MoU dikabupaten Tojo Una-Una ini meliputi acara yang pertama yaitu asistensi kemudian berlanjut ke penandatanganan MoU dan terakhir adalah pemberian plakat.

Dalam penandatanganan MoU juga dihadiri Kepala Loka POM di Kabupaten Banggai, Darman, Koordinator Substansi Infokom BPOM di Palu, Novi Yanti Rahmi dan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Instansi Terkait serta Lembaga Instansi lainnya. Dengan adanya kesepakatan bersama ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una selalu siap sedia mewujudkan perlindungan kesehatan dan keselamatan konsumen yang berada di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una.

BPOM akan selalu bersinergi dalam hal pengawasan terpadu di bidang obat dan makanan (yang meliputi obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan, pangan olahan dan produk tembakau), peningkatan keamanan pangan, peningkatan efektivitas dan efisiensi pengawasan obat dan makanan, peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang aman, berkhasiat dan bermutu serta memberikan dorongan kepada sarana produksi, distribusi dan pelayanan kesehatan untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian maka diharapkan melalui adanya Kesepakatan Bersama ini dapat saling mendukung dalam menjalankan tupoksi, baik Pemerintah Daerah maupun Balai POM untuk melakukan pengawasan dan pembinaan di bidang Obat dan Makanan, pengawasan dan pembinaan pangan jajanan anak sekolah, pembinaan dan sertifikasi produk pangan industri rumah tangga, memperkuat jejaring pengawasan keamanan pangan terpadu, serta mempermudah penyusunan perencanaan, program dan kegiatan pengawasan obat dan makanan dalam dokumen perencanaan daerah.


06/11/2021 - 22:41
Bimtek Komunitas Keamanan Pangan di Kab. Kolaka Utara

Permberdayaan Masyarakat dan Usaha Pangan Desa dilakukan terhadap masyarakat desa yang memungkinkan terciptanya akses masyarakat desa terhadap pangan yang aman dan akses usaha pangan desa yang memenuhi peraturan perundang-undangan di bidang pangan.

06/11/2021 - 22:38
Bimtek Petugas Pengelola Sarana Pelayanan Kefarmasian

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Petugas Pengelola Sarana Pelayanan Kefarmasian di Apotek, IFRS, Puskesmas dan Toko Obat,  Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana melaksanakan kegiatan “Bimtek kepada Petugas Pengelola Fasilitas Pelayanan Kefarmasian dalam Pemenuhan Standar dan Persyaratan Sarana Pelayanan Kefarmasian” Kamis, 10 Juni 2021 bertempat di Aula Hotel Grand Lampusui, Kabupaten Bombana. Kegiatan digelar dengan menggunakan sumber anggaran DAK Non Fisik Kesehatan Pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2021.

06/11/2021 - 08:25
BBPOM di Serang Gandeng Masyarakat Untuk Meningkatkan Standar Pelayanan Publik

Dalam mendukung Visi Presiden Republik Indonesia yaitu mewujudkan Reformasi Birokrasi, Serang 03 Juni 2021, BBPOM di Serang melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Standar Pelayanan Publik BBPOM di Serang. Pada Forum ini BBPOM di Serang mengundang masyarakat yang mewakili berbagai unsur dan profesi antara lain tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, organisasi profesi dan lembaga swadaya masyarakat.