Home » Berita Rb » Reorientasi Kelembagaan Keamanan Pangan Dalam Rangka Gkpd

REORIENTASI KELEMBAGAAN KEAMANAN PANGAN DALAM RANGKA GKPD

BBPOM Bandar Lampung hari ini Senin 25 Maret 2019, menyelenggarakan reorientasi kelembagaan keamanan pangan dalam rangka gerakan keamanan pangan desa (GKPD). Acara bertempat di hotel Aston Bandar Lampung ini dibuka oleh Staf Ahli Pemprov Lampung bidang Kemasyarakatan dan SDM,  Hanibal, SH, MH yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa dengan segala fasilitasnya yang masih minimal merupakan lapisan masyarakat yang rawan terpapar oleh bahan berbahaya dalam pangan, sehingga perlu upaya untuk memberdayakan pengetahuan berbasis komunitas di desa dan peran Kader Keamanan Pangan Desa sengat penting sebagai agent of change pelaksanaan GKPD.

Kepala BBPOM Bandar Lampung, Dra. Syamsuliani, Apt, MM dalam paparannya menyampaikan bahwa Desa Pangan aman tahun lalu yaitu Desa Gisting Bawah Kec. Gisting, Desa Tegal Binangun Kec. Sumber Rejo , dan Desa Bangun Rejo Kec. Semaka Kab. Tanggamus Kab. Tanggamus. Sedangkan, Calon desa yang diintervensi tahun 2019 yaitu meliputi Desa Wonomarto Kec. Kotabumi Utara, Desa Semuli Jaya kec Abung Timur dan Desa Sidomukti kecAbung Timur yang berada pada wilayah Kab. Lampung Utara. Sementara, Kabid Infokom BBPOM Bandar Lampung, Drs. Zamroni Apt, menyampaikan bahwa target GKPD meliputi Ibu PKK/Ibu Rumah Tangga, Anak sekolah, Pramuka, Ritel / toko / koperasi desa, Wisata Kuliner, Kelompok   Pemuda, IRTP, PKL, Pasar Desa. Aktivitas p pengawalan GKPD sendiri meliputi pelatihan, belajar mandiri, penguatan kelembagaan desa/kelurahan, perkuatan jejaring, perkuatan sarana prasarana.

Sedangkan Wayan Gunawan, SE, Kabid Pemdes Dinas PMD menyampaikan bahwa berdasarkan data saat ini di Provinsi Lampung baru ada 6 desa berkriteria Mandiri, sedangkan lebih dari 2400 desa lainnya masih berkategori berkembang, tertinggal, dan sangat tertinggal. Anggaran operasional desa bersumber dari pendapatan asli desa, APBD dan APBN. Dari data-data yang disampaikan bisa menjadi masukan bagi Badan POM untuk melakukan pengawalan GKPD yang diharapkan secara bertahap dapat dilaksanakan diseluruh desa di Provinsi Lampung

INFOKOM BBPOM Lampung


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.