Home » Berita Rb » Raih Wtp 5 Kali Badan Pom Terima Penghargaan Dari Menteri Keuangan

Raih WTP 5 Kali, Badan POM Terima Penghargaan dari Menteri Keuangan

Jakarta – Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau biasa disingkat WTP adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dinilai secara material telah disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Jika laporan keuangan diberikan opini WTP ini, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalau pun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh banyak terhadap pengambilan keputusan

Sebagai bentuk apresiasi terkait opini WTP tersebut, Menteri Keuangan memberikan penghargaan bagi Kementerian dan Lembaga (K/L) Pemerintah yang meraih kategori WTP selama 5 tahun berturut-turut. Terdapat 43 K/L yang mendapatkan penghargaan tersebut, salah satunya adalah Badan POM. Hal ini dikarenakan Badan POM sudah konsisten mempertahankan kategori WTP sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Keuangan.

Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019. Kegiatan yang diselenggarakan Kamis (12/09) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan ini dihadiri oleh setidaknya 300 perwakilan K/L.
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.  Saat menyerahkan penghargaan tersebut, Sri Mulyani mengucapkan selamat atas konsistensi yang dipertahankan oleh Badan POM. Menteri Keuangan mengharapkan agar pemanfaatan laporan keuangan tidak hanya menggunakan laporan di K/L masing-masing. Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah dikonsolidasikan juga penting dalam memberikan peta yang lengkap dalam menunjukkan anggaran kegiatan yang dapat disinergikan sehingga tidak terjadi tumpang tindih sebagaimana amanat Presiden untuk terus meningkatkan efisiensi anggaran.

Melalui pelaksanaan rakernas ini, pemerintah mengharapkan terbangunnya komitmen dan semangat bersama untuk terus meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dalam rangka pengelolaan keuangan yang sehat. Pada akhirnya, dengan pengelolaan keuangan yang sehat, akan terwujud Indonesia yang kuat, mandiri, dan berdaya saing dalam mencapai tujuan bernegara. (HM-Chandra)

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan


06/03/2020 - 09:44
BPOM di Ambon dan BTKL-PP Ambon Konferensi Pers Bersama Uji PCR Spesimen Covid-19

Ambon (03/06) - Dalam rangka mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19, Badan POM terus memperkuat laboratorium pengujian dengan fasilitas Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Selain memperluas jangkauan, percepatan juga dimaksudkan untuk mempercepat proses pengujian dan mengurangi antrian pemeriksaan sampel, utamanya di daerah episentrum COVID-19.

 

06/02/2020 - 11:05
Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. "Pancasila Dalam Tindakan Gotong Royong Menuju Indonesia Maju

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena kali ini upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh pegawai Badan POM.

Walaupun kondisi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.  Semangat NASIONALISME seluruh pegawai BBPOM di Pekanbaru tidak kalah dari tahun sebelumnya. Peringatan tahun 2019 diadakan lomba pegawai dengan busana tradisional terbaik maka dan  pada tahun ini diadakan lomba  pegawai dengan pose terbaik saat menyaksikan live streaming peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020.

05/31/2020 - 18:44
Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Petugas, BBPOM Pontianak Adakan Pelatihan Bersama John Robert Powers

Kemampuan dalam berkomunikasi tentunya sangat dibutuhkan bagi personal khususnya yang berkecimpung di dalam pelaksanaan pelayanan publik. Dalam rangka peningkatan pelayanan publik guna mencapai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), BBPOM di Pontianak melakukan pelatihan virtual melalui zoom meeting bersama John Robert Powers pada Selasa (26/05) - Kamis (28/05).