Home » Berita Rb » Perkuatan Kapasitas Daerah Pangan Aman Melalui Advokasi Kelembagaan

Perkuatan Kapasitas Daerah Pangan Aman Melalui Advokasi Kelembagaan

Pembangunan Keamanan Pangan dimulai dari individu, keluarga, hingga masyarakat, termasuk dipedesaan sesuai salah satu agenda prioritas nawa cita yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai POM di Kendari Drs. Leonard Duma.,Apt.,MM dalam sambutan pada kegiatan Advokasi Kelembagaan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Senin, 13 Mei 2019 bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Muna.

Advokasi kelembagaan desa ini merupakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pertemuan kemitraan yang diikuti beberapa OPD pemerintah Kabupaten Muna, yang dibuka langsung oleh Asisten 3 bidang administrasi Umum Drs. Alibasa.,M.Si. Apresiasi disampaikan atas program intervensi keamanan pangan yang dilakukan oleh Balai POM di Kendari hingga masuk ke wilayah kepulauan seperti kab. Muna.

Kepala Balai POM di Kendari memaparkan Materi Kebijakan Nasional Gerakan Keamanan Pangan Desa dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya yang dilanjutkan dengan diskusi dalam rangka sinkronisasi dan keterpaduan program keamanan pangan. Usai pemaparan materi kebijakan dilanjutkan dengan Pelaksanaan GKPD terhadap desa/kelurahan yang akan diintervensi oleh Kepala seksi Infokom BPOM di Kendari dra. Hasnah Nur.,Apt.,MPH

Untuk tahun 2019, Balai POM di Kendari akan melaksanakan kegiatan GKPD dengan mengintervensi 3 Kelurahan/desa yang berada di wilayah kab. Muna yaitu kelurahan Laiworu, Kelurahan Raha 1 dan Desa Bangun Sari. Dalam kegiatan advokasi ini satuan aparat pemerintah desa/kelurahan juga turut hadir bersama tim penggerak PKK. Untuk kegiatan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya akan dilakukan intervensi di pasar Lainea, Raha kab. Muna. Hadir sebagai perwakilan program Pasar Aman dari BB Dinas Perdagangan Kab. Muna dan UPTD Pasar. Diharapkan program yang dilaksanakan ini dapat berjalan dengan baik dan direplikasi oleh pemerintah setempat sebagai perwujudan pengembangan dan kemandirian daerah dalam sistem keamanan pangan khususnya dan Ketahanan Pangan pada umumnya.

Balai POM di Kendari


07/12/2019 - 10:03
Badan POM Sukses Pertahankan Predikat WTP dan Tegaskan Komitmen Berkelanjutan Mengelola BMN dan Barang Bukti

Labuan Bajo - Badan POM menyelenggarakan lokakarya Penguatan Implementasi Manajemen Risiko dalam Rangka Peningkatan Efektivitas Pengendalian Intern Pengelolaan BMN dan Barang Sitaan/Barang Bukti. Acara ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa semua kantor Badan POM mendapatkan pelatihan yang komprehensif mengenai pengelolaan BMN dan barang bukti. Acara ini dilaksanakan juga untuk berbagi pengalaman dan refleksi guna mengevaluasi masing-masing kantor Badan POM dalam menjalankan pengelolaan tersebut.

07/11/2019 - 17:07
Bersama Masyarakat Manggarai Barat, Cegah dan Tolak Kosmetik Berbahaya

Manggarai Barat - Dua tahun lalu, sebuah janji ditunaikan. Hari ini, janji itu terpenuhi. Harapan masyarakat Manggarai Barat terwujud. Obat dan Makanan di wilayah ini kini telah diawasi langsung oleh Kantor Badan POM di Manggarai Barat.

07/11/2019 - 16:49
FORUM ADVOKASI KELEMBAGAAN DESA DALAM RANGKA GERAKAN KEAMANAN PANGAN DESA PROGRAM TERPADU TAHUN 2019

Dalam rangka pelaksanaan GKPD yang merupakan kegiatan prioritas nasional  BBPOM Mataram telah melaksanakan pertemuan Advokasi Kelembagaan Desa  yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen lintas sektor dan pemerintahan desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, memperkuat ekonomi desa. Untuk tahun 2019 Provinsi NTB mendapatkan target 3 Desa baru dan 76 Desa dengan kegiatan terpadu dg Pemerintahan Desa. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal  09 Juli 2019  dan dibuka oleh Sekda Propinsi NTB Bapak Ir. H. Iswandi, M.Si .