Home » Berita Rb » Perkuatan Kapasitas Daerah Pangan Aman Melalui Advokasi Kelembagaan

Perkuatan Kapasitas Daerah Pangan Aman Melalui Advokasi Kelembagaan

Pembangunan Keamanan Pangan dimulai dari individu, keluarga, hingga masyarakat, termasuk dipedesaan sesuai salah satu agenda prioritas nawa cita yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai POM di Kendari Drs. Leonard Duma.,Apt.,MM dalam sambutan pada kegiatan Advokasi Kelembagaan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Senin, 13 Mei 2019 bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Muna.

Advokasi kelembagaan desa ini merupakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pertemuan kemitraan yang diikuti beberapa OPD pemerintah Kabupaten Muna, yang dibuka langsung oleh Asisten 3 bidang administrasi Umum Drs. Alibasa.,M.Si. Apresiasi disampaikan atas program intervensi keamanan pangan yang dilakukan oleh Balai POM di Kendari hingga masuk ke wilayah kepulauan seperti kab. Muna.

Kepala Balai POM di Kendari memaparkan Materi Kebijakan Nasional Gerakan Keamanan Pangan Desa dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya yang dilanjutkan dengan diskusi dalam rangka sinkronisasi dan keterpaduan program keamanan pangan. Usai pemaparan materi kebijakan dilanjutkan dengan Pelaksanaan GKPD terhadap desa/kelurahan yang akan diintervensi oleh Kepala seksi Infokom BPOM di Kendari dra. Hasnah Nur.,Apt.,MPH

Untuk tahun 2019, Balai POM di Kendari akan melaksanakan kegiatan GKPD dengan mengintervensi 3 Kelurahan/desa yang berada di wilayah kab. Muna yaitu kelurahan Laiworu, Kelurahan Raha 1 dan Desa Bangun Sari. Dalam kegiatan advokasi ini satuan aparat pemerintah desa/kelurahan juga turut hadir bersama tim penggerak PKK. Untuk kegiatan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya akan dilakukan intervensi di pasar Lainea, Raha kab. Muna. Hadir sebagai perwakilan program Pasar Aman dari BB Dinas Perdagangan Kab. Muna dan UPTD Pasar. Diharapkan program yang dilaksanakan ini dapat berjalan dengan baik dan direplikasi oleh pemerintah setempat sebagai perwujudan pengembangan dan kemandirian daerah dalam sistem keamanan pangan khususnya dan Ketahanan Pangan pada umumnya.

Balai POM di Kendari


05/20/2019 - 10:10
TANDATANGANI KOMITMEN, BBPOM DI PONTIANAK SIAP WUJUDKAN WBK DAN WBBM

PONTIANAK - Balai Besar POM di Pontianak menandatangani Komitmen Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula BBPOM di Pontianak, Jumat (17/5). Penandatanganan komitmen ini merupakan keseriusan BBPOM di Pontianak untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

05/17/2019 - 08:58
Diseminasi Balai POM di Manokwari

Manokwari. Pada Hari Jumat 10 mei 2019 di AULA Balai POM dilaksanakan kegiatan diseminasi. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulan. Bagi pegawai yang telah mendapatkan pelatihan, bimbingan teknis dan workshop sudah menjadi kewajibannya untuk berbagi pengetahuan terkait materi yang telah didapat.

05/16/2019 - 08:02
Perkuat Kapasitas Desa, BBPOM di Jakarta Menyelenggarakan Pelatihan Koordinator Lapangan (Korlap) dan Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD)

Balai Besar POM di Jakarta melaksanakan Pelatihan Korlap dan KKPD dalam Rangka Kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa/Kelurahan (GKPD/K) Provinsi DKI Jakarta pada Senin-Selasa, 13-14 Mei 2019. Kegiatan ini merupakan tahapan kegiatan kedua dalam rangka perkuatan kapasitas desa setelah Advokasi Kelembagaan Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya.