Home » Berita Rb » Perkuat Jejaring Keamanan Pangan Melalui Advokasi Kelembagaan Desa Pjas Dan Pasar Aman

Perkuat Jejaring Keamanan Pangan melalui Advokasi Kelembagaan Desa, PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya

Bertempat di Kabupaten Banggai Kepulauan, Balai POM di Palu menyelenggarakan acara Advokasi Kelembagaan Desa, PJAs dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kordinasi dengan lintas sektor untuk menggalang komitmen pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah secara terpadu serta memetakan program dan kegiatan lintas sektor yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan tersebut.

 

Advokasi dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan, H. Rais D. Adam yang dalam sambutannya memberikan dukungan terhadap adanya program Balai POM di Palu. Program ini diharapkan dapat menyentuh masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan terkait pemberian informasi olahan pangan yang sehat dan diharapkan adanya peningkatan jejaring ditingkat desa terkait keamanan pangan, bekerjasama dengan dinas terkait untuk terus bersinergi dalam pengawasan dan edukasi keamanan pangan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

 

Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari OPD terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM, Dinas Informasi dan Komunikasi, Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Kepala Desa, PKK dan Karang Taruna dari desa yang akan diintervensi program gerakan keamana pangan desa.  

 

Dipandu Kepala Kantor Badan POM di Kabupaten Banggai, Darman, sesi materi dilaksanakan dengan metode panel. Pemaparan materi diawali oleh pemaparan materi Kasubdit Pemberdayaan Pelaku Usaha Badan POM RI, Dyah Sulistyorini, tentang komitmen Pemda dan Lintas Sektor, dilanjutkan oleh materi dari narasumber lintas sektor Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan dan Kepala Balai POM di Palu tentang hasil pelaksanaan program GKPD, PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

 

Dari diskusi dan identifikasi program lintas sektor, telah dipetakan beberapa kegiatan OPD terkait yang dapat diintegrasikan dengan program Balai POM di Palu tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan.


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.