Home » Berita Rb » Perkuat Jejaring Keamanan Pangan Melalui Advokasi Kelembagaan Desa Pjas Dan Pasar Aman

Perkuat Jejaring Keamanan Pangan melalui Advokasi Kelembagaan Desa, PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya

Bertempat di Kabupaten Banggai Kepulauan, Balai POM di Palu menyelenggarakan acara Advokasi Kelembagaan Desa, PJAs dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kordinasi dengan lintas sektor untuk menggalang komitmen pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah secara terpadu serta memetakan program dan kegiatan lintas sektor yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan tersebut.

 

Advokasi dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan, H. Rais D. Adam yang dalam sambutannya memberikan dukungan terhadap adanya program Balai POM di Palu. Program ini diharapkan dapat menyentuh masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan terkait pemberian informasi olahan pangan yang sehat dan diharapkan adanya peningkatan jejaring ditingkat desa terkait keamanan pangan, bekerjasama dengan dinas terkait untuk terus bersinergi dalam pengawasan dan edukasi keamanan pangan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

 

Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari OPD terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM, Dinas Informasi dan Komunikasi, Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Kepala Desa, PKK dan Karang Taruna dari desa yang akan diintervensi program gerakan keamana pangan desa.  

 

Dipandu Kepala Kantor Badan POM di Kabupaten Banggai, Darman, sesi materi dilaksanakan dengan metode panel. Pemaparan materi diawali oleh pemaparan materi Kasubdit Pemberdayaan Pelaku Usaha Badan POM RI, Dyah Sulistyorini, tentang komitmen Pemda dan Lintas Sektor, dilanjutkan oleh materi dari narasumber lintas sektor Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan dan Kepala Balai POM di Palu tentang hasil pelaksanaan program GKPD, PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

 

Dari diskusi dan identifikasi program lintas sektor, telah dipetakan beberapa kegiatan OPD terkait yang dapat diintegrasikan dengan program Balai POM di Palu tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan.


02/21/2020 - 12:35
Loka POM Banyumas Giat Kawal Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah di Banyumas

Kamis, 20 Februari 2020, Loka POM Banyumas melakukan Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), SDN 1 Tambaknegara, Kec. Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah. PJAS berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah. Kegiatan penyuluhan keamanan PJAS ini dilakukan sebagai salah satu program pengawasan Loka POM Banyumas untuk mengawal keamanan pangan jajan anak sekolah, mengingat pentingnya pemenuhan asupan energi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

 

02/21/2020 - 12:26
Loka POM Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan PJAS di Purbalingga

Rabu, 19 Februari 2020, Loka POM di Kabupaten Banyumas memberikan penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di MIN 3 Purbalingga dan SMP N 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i, guru, dan pedagang kantin di lingkungan sekolah kurang lebih sejumlah 100 orang. Kegiatan penyuluhan keamanan PJAS ini dilakukan sebagai salah satu program pengawasan Loka POM Banyumas untuk mengawal keamanan pangan jajan anak sekolah, mengingat pentingnya pemenuhan asupan energi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

02/21/2020 - 12:08
Loka POM Banyumas Paparkan Penyuluhan Keamanan PJAS di Sekolah Dasar Kabupaten Banjarnegara

Loka POM Banyumas melakukan Penyuluhan Keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS), Selasa, 18 Februari 2020 di SD N 4 Banjarnegara dan SD 1 Muhammadiyah Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

PJAS berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah. Untuk mendapatkan generasi sehat, maka setiap anak Indonesia harus diberikan asupan pangan yang aman, bermutu, dan bergizi sehingga melahirkan generasi Indonesia yang sehat jasmani, pintar dan cerdas.